Trend Workout Terbaru, dari Parkour Hingga Pound

Trend Workout Terbaru, dari Parkour Hingga Pound
Trend workout makin berkembang/unsplash
  • Perkembangan fitness semakin lama semakin unik, banyak orang memadukan sejumlah workout dengan hobi atau kegiatan lain.
  • Parkour misalnya, memadukan hobi memacu adrenalin dengan beberapa olahraga seperti headstand dan jumping.

noDokter – Workout menjadi hal penting untuk kita lakukan setiap hari. Sayangnya, masih banyak orang yang tak tertarik dengan aktivitas fisik ini.

Namun, seiring berkembangnya zaman, banyak trend workout yang menggabungkan beberapa jenis hobi sehingga menjadi olahraga yang unik. Selain menyenangkan, sejumlah exercise ini juga punya banyak manfaat untuk tubuh. 

Berikut 8 olahraga baru yang kini sedang menjadi trend.

1. Parkour

Parkour/LovePik

Jika Anda suka sesuatu yang menantang, sepertinya parkour bisa jadi pilihan. Olahraga ini memadukan banyak gerakan, namun di area yang cukup ekstrem.

Sebenarnya, parkour telah ada sejak 1980-an. Namun, kini semakin populer berkat banyaknya atlet parkour yang bermunculan. 

Parkour biasanya membutuhkan skill melompat dan adrenalin yang tinggi. Karena, workout ini bukan sekadar melompat, tapi, biasanya melompat dari satu gedung ke gedung lainnya. 

Selain jumping, dalam olahraga ini juga biasanya ada gerakan lain seperti headstand, vault dan berputar. Untuk para pemula, kini telah banyak kelas latihan parkour yang akan diajarkan langsung oleh para profesional.

2. Bollywood Dance

trend workout
Bollywood dance/iStock

Suka menonton film Bollywood? Nah, yang satu ini juga semakin populer. Adalah tari india yang juga menjadi trend workout. 

Joget sambil mengikuti irama lagu India mungkin terlihat mudah. Padahal, dengan menari satu lagu saja, kalori dan keringat yang keluar bisa setara dengan lari sejauh 10K meter. 

Hal ini karena, banyak gerakan bollywood dance yang memiliki tempo cepat. Selain itu, variasi gerakan dari mulai aerobik hingga kardio tentunya bisa membuat Anda semakin fit sekaligus fun.

Baca Juga: Exercise Asik dengan Bollywood Dance

3. Buti

Buti Dance Workout/Youtube/POPSUGAR fitness

Yang satu ini adalah kombinasi antara yoga, pilates, plometriks dan tribal dance. Jika Anda suka gerakan yang menitikberatkan pada inti dan bokong, buti bisa cocok.

Buti sendiri berarti “obat untuk sesuatu yang tersembunyi”, dipopulerkan pertama kali oleh Bizzie Gold. Tujuannya, untuk lebih mengenal tubuh sendiri dan tentunya exercise dengan cara yang menyenangkan.

Tak seperti yoga yang banyak menahan pose, buti lebih banyak pergerakan, walaupun sedang melakukan sejumlah pose. 

Misalnya ketika di posisi downward dog, Anda harus menggerakan bokong ke atas ke bawah. Ada pula gerakan menggetarkan pinggul dalam posisi bridge.

4. Yoga Papan Selancar

Yoga Papan Selancar/YouTube/PT. Active Life

Jika biasanya Anda melakukan yoga di matras, yang satu ini cukup unik, karena papan selancar lah yang jadi penggantinya. 

Menariknya lagi, tak seperti yoga biasa yang memerlukan lantai rata, olahraga yang satu ini harus dilakukan di medan yang bergelombang. Sama seperti ketika melakukan selancar di ombak. 

Gerakan yang dilakukan pun sebenarnya tak beda jauh dengan yoga. Namun, menitikberatkan kepada melatih keseimbangan dan konsentrasi antara bagian tubuh.

5. Jungshin

Jungshin workout/YouTube/Jungshin Fitness

Yang satu ini cocok untuk Anda yang tertarik dengan bela diri. Jungshin sebenarnya adalah olahraga dengan pedang. 

Pedang yang digunakan biasanya khusus untuk jungshin, ataupun martial arts lain seperti fencing. Gerakan dalam jungshin cukup rumit dan menggabungkan aerobik serta kekuatan otot. 

Selain melatih kekuatan otot, Jungshin juga bisa sekaligus membakar kalori juga membantu meningkatkan self-awareness.

6. Pound

Pound/Getty Images

Jika jungshin menggunakan pedang sebagai alat bantu workout, yang satu ini membutuhkan stick, yang mirip seperti stick drum. 

Pound merupakan olahraga yang menggabungkan sejumlah gerakan umum, seperti squats, lunges, sit-up dengan gerakan seperti menabuh drum. 

Trend workout yang satu ini sangat baik untuk membentuk otot tangan, kaki serta otot inti. Pound juga bisa membantu menghilangkan nyeri di tubuh bagian bawah.

7. Stiletto Dance

Stiletto dance/iStock

Memakai stiletto atau sepatu hak tinggi bukan menjadi halangan untuk melakukan aktivitas fisik. Terbukti, stiletto dance kini semakin populer.

Sesuai namanya, workout ini mengharuskan Anda menggunakan sepatu hak tinggi. Gerakannya biasanya menggunakan alat bantu kursi ataupun meja.

Tak seperti dance dengan gerakan cukup enerjik, exercise yang satu ini, lebih menitikberatkan pada peregangan serta kelenturan otot tangan dan kaki. 

[*]
Bagikan!

Tinggalkan Balasan