Treadmill Manual VS Treadmill Elektrik

Treadmill Manual VS Treadmill Elektrik

noDokter – Treadmill merupakan alat olahraga yang mudah dan terbukti efektif dalam membakar kalori serta melatih kardio. Nah, treadmill juga hadir dengan berbagai macam ukuran menyesuaikan dengan ruangan tempat latihan, baik di pusat kebugaran maupun di rumah. Treadmill terdiri dari Treadmill manual dan elektrik.

Memang, kamu bisa menggunakan treadmill untuk berolahraga di rumah. Karena itulah, sebelum membeli treadmill, kamu sebaiknya memahami bahwa ada dua jenis treadmill, yaitu treadmill manual dan elektrik. Kalau kamu sering ke pusat kebugaran, treadmill di sana merupakan treadmill elektrik. Sebenarnya, apa saja, sih, perbedaan kedua jenis treadmill ini? Apa kelebihan dan kekurangannya?

Treadmill Manual

  • Cenderung lebih murah karena tidak menggunakan motor atau mesin
  • Cenderung lebih kecil, sehingga tidak memakan tempat dan lebih mudah untuk dipindah-pindahkan jadi tidak perlu tempat luas
  • Lebih menguras energi,Pada treadmill manual, gerakan kaki Anda pada Pijakan akan menggerakkan karpet / belt . Karpet hanya bergerak jika Anda memindahkannya. Baik pelari dan pejalan kaki mengeluarkan lebih banyak tenaga pada treadmill Manual daripada pada treadmill elektrik. Ini memiliki manfaat kebugaran karena pengguna bisa mendapatkan detak jantung mereka ke zona yang lebih tinggi dengan kecepatan lebih rendah. Satu studi menemukan bahwa User mengeluarkan 30 persen lebih banyak energi pada kecepatan yang sama. Tetapi timbal baliknya adalah bahwa mereka lebih suka berlari atau berjalan dengan kecepatan lebih lambat agar tenaga mereka tetap konstan.
  • Latihan kurang terprogram, jika anda memulai joging program atau latihan sebagai pelari, maka manual treadmill sangan tidak cocok untuk anda. Karena konstruksinya yang kurang kokoh, treadmill manual karpet datar paling cocok untuk berjalan daripada berlari. Mereka juga sering memiliki ikat pinggang yang lebih pendek, sehingga Anda tidak dapat menggunakan langkah berjalan lama.

Treadmill Elektrik

  • Harga lebih mahal, karena Treadmill elektrik menggunakan motor sebagai penggerak. Tapi treadmill elektrik lebih awet secara pemakaian.
  • Butuh tempat yang luas karena bentuk Treadmill elektrik biasanya lebih besar dibandingkan manual dan juga lebih berat sehingga tidak mudah untuk dipindah-pindah
  • Kecepatan bisa diatur. Anda dapat menyesuaikan kecepatan dan kemiringan saat Anda masih berjalan atau berlari di sebagian besar treadmill elektrik. Beberapa model juga memiliki fitur penurunan sehingga Anda dapat menuruni bukit, lebih baik mensimulasikan berjalan di atas permukaan tanah dan berlari.
  • Bisa memprogram latihan. treadmill elektrik mengemas lebih banyak fitur latihan ke dalam konsol mereka, bahkan pada titik harga yang lebih rendah. Mereka sering akan bekerja dengan aplikasi untuk memberikan latihan yang menyenangkan dan menarik, dan program untuk melatih Anda untuk kinerja pada jarak yang berbeda seperti 5K, 10K, setengah maraton, dan maraton.
Bagikan!

Tinggalkan Balasan