Teknik Mudah Menguatkan Otot Perut, Simak Cara Ini!

Teknik Mudah Menguatkan Otot Perut, Simak Cara Ini!
  • Agar perut six pack perlu pola latihan otot perut yang benar sehingga transformasi tubuh pun makin optimal.
  • Penumpukan lemak di perut seringkali terjadi akibat kurangnya berolahraga serta pola makan yang tidak sehat.

noDokter – Menguatkan otot perut dan membentuk six pack memang butuh usaha untuk meraihnya. Hal utama yang perlu diperhatikan ialah latihan core atau otot perut. Dengan pola latihan yang benar, transformasi tubuh pun akan makin optimal.

Untuk memiliki perut six pack mau tidak mau Anda harus melakukan latihan serius. Komitmen dan tujuan yang kuat akan lebih memudahkan untuk konsisten menjalani latihan. Bagi sebagian orang hal ini tidaklah mudah. Apalagi bagi mereka yang jarang berolahraga.

Ada beberapa gerakan penting untuk menguatkan otot perut yang bisa Anda ikuti:

1. Reverse Crunch

Reverse crunch/Shutterstock

Berbaring telentang dengan lengan di lantai di sisi tubuh, telapak tangan menghadap ke bawah. Tekuk lutut Anda dan bawa ke arah dada dengan mengencangkan perut. Saat mereka naik, putar panggul Anda untuk mengangkat pinggul Anda dari lantai. Remas di bagian atas lalu turunkan perlahan hingga paha tegak lurus dengan lantai.

Latihan harus lambat dan terkontrol, tanpa mengayunkan kaki atau menggunakan fleksor pinggul secara berlebihan. Beri perhatian khusus pada fase ke bawah – Anda tergoda untuk membiarkan kaki Anda turun, tetapi kuncinya adalah menjaga ketegangan di perut selama seluruh latihan.

2. Extended Plank

Gerakan ini mirip dengan plank tradisional yang secara khusus melatih otot transversal abdominis. Lakukan posisi push-up tetapi dengan lengan Anda sejauh mungkin di depan kepala. Tahan dengan tangan terentang sepenuhnya. Pastikan punggung Anda lurus dan tahan selama waktu yang ditentukan.

Dengan mengulurkan tangan melewati bahu memaksa otot-otot yang terlibat di plank untuk bekerja dalam rentang gerakan yang lebih besar (dan lebih sulit). Variasi yang sulit ini adalah cara tercepat untuk mendapatkan six-pack.

3. Kneeling Plank

Gerakan melibatkan posisi berlutut. Posisikan tubuh layaknya plank seperti biasa, hanya saja kini posisi kedua lutut mengenai lantai. Secara perlahan geser kedua tangan yang digunakan untuk menyangga badan bagian atas ke belakang untuk memberikan efek optimas. Usahakan untuk menahan badan agar bisa lebih memperkuat bentuk core perut.

4. The Mountain Climber

Gerakan kali ini nampak seolah-olah badan akan melakukan pendakian gunung. Untuk memulainya posisikan badan layaknya ancang-ancang lari dan taruh kedua kaki pada bagian belakang.

Secara bergantian lakukan gerakan kaki dari atas ke bawah dengan posisi tangan masih menyangga tubuh bagian atas. Jika terlalu sulit, kedua tangan juga bisa diposisikan pada kursi atau benda yang jauh lebih tinggi dari tumpuan kaki.

Pola Makan dan Istirahat

Selain melakukan gerakan-gerakan itu, perlu juga diikuti dengan pengaturan pola makan. Seperti mengonsumsikan kalori yang lebih sedikit daripada kalori yang keluar. Juga mengetahui komposisi dan timing makan yang baik serta penyajian makanan yang sehat dan optimal. Hindari cara memasak dengan menggoreng ataupun tambahan minyak serta mentega apabila tidak perlu. Lebih baik mengonsumsi makanan rebusan.

Pastikan pula Anda melakukan istirahat yang cukup sehingga tubuh dan otak akan lebih optimal dalam bekerja maupun berlatih. Hindari tidur terlalu malam dan pastikan jadwal istirahat yang konsisten. Tidur dan bangun pada waktu yang konsisten akan membuat pengaturan waktu menjadi lebih mudah. [*]

“Karena ‘Sehat itu Gampang’ mari kita praktikan Olahraga, Diet dan Kesehatan Mental”

Bagikan!

Tinggalkan Balasan