Tak Punya Waktu untuk Olahraga? Lakukan Kegiatan Sehari-hari Ini!

Tak Punya Waktu untuk Olahraga? Lakukan Kegiatan Sehari-hari Ini!
Banyak kegiatan sehari-hari yang bisa dihitung sebagai exercise/Gettyimage
  • Ada sejumlah kegiatan sehari-hari yang bisa setara dengan exercise.
  • Bersepeda ke kantor bisa sangat baik untuk aktivitas fisik harian, bisa melatih kekuatan otot kaki hingga menyehatkan organ dalam.

noDokter – Berolahraga setiap hari menjadi salah satu kunci hidup sehat. Setiap kalangan usia, dianjurkan untuk melakukan kegiatan fisik 15-30 menit per harinya.

Namun, banyak orang yang tak memiliki waktu luang untuk sekadar exercise. Akhirnya, mereka melewatkan waktu untuk berolahraga dan terjebak akan kebiasaan kurang baik tersebut.

Padahal, ada banyak kegiatan sehari-hari yang bisa setara dengan olahraga. Tak hanya itu, kegiatan-kegiatan berikut juga bisa termasuk ke dalam rutinitas kesibukan, sehingga tak perlu lagi meluangkan waktu khusus untuk exercise.

Berikut daftar kegiatan yang bisa Anda coba.

Stretching

Jika biasanya stretching dilakukan sebagai pemanasan sebelum berolahraga inti, Anda bisa melakukan peregangan ini kapanpun. Misalnya, di sela-sela aktivitas sekolah atau pekerjaan. 

Anda juga bisa melakukan stretching di manapun termasuk di meja kerja. Cukup dengan angkat kedua tangan ke atas. Kemudian dorong terus ke arah atas, sehingga Anda merasakan tekanan di bagian tubuh bagian atas. 

Stretching bisa membantu memperlancar aliran darah, meningkatkan rentang gerak serta mencegah beragam nyeri otot. Jangan lupa untuk melakukan peregangan ini secara lembut, sehingga tak mengganggu aktivitas harian.

Jogging dengan Stroller

Jika Anda adalah seorang ibu atau bapak rumah tangga yang memiliki bayi, exercise yang satu ini cocok untuk Anda lakukan. Anda bisa jogging bersama sang buah hati yang ditempatkan di dalam stroller. 

Untuk melakukan kegiatan ini, jangan lupa menggunakan sepatu dan outfit yang nyaman. Bawa juga berbagai perlengkapan bayi supaya Anda tak perlu bolak-balik ke rumah jika membutuhkan sesuatu.

Jogging terbukti sangat baik untuk melatih kekuatan otot kaki. Exercise ini juga bisa memperkuat kerja jantung dan menghilangkan stress.

Naik Tangga

Naik Tangga/iStock

Bekerja di gedung bertingkat? Masukkan kegiatan ini dalam daftar rutinitas harian Anda. Daripada menggunakan lift atau eskalator, cobalah gunakan tangga untuk sampai ke ruangan. 

Mengutip dari WebMD, naik tangga selama 1 menit bisa membakar hingga 10 kalori. Selain itu, menaiki tangga juga sangat baik untuk membentuk kekuatan otot tubuh bagian bawah. 

Membersihkan Rumah dengan Kekuatan Lebih

Jika melakukan pekerjaan rumah adalah kegiatan sehari-hari Anda, ini juga bisa dimasukkan dalam sneak exercise. Hanya, mungkin Anda perlu lebih menggunakan kekuatan lebih jika ingin mendapat manfaat yang lebih pula.

Contoh kegiatannya adalah membersihkan kaca. Jika biasanya Anda tidak mengerahkan terlalu banyak tekanan, kini coba berikan sedikit kekuatan ketika membersihkan.

Dengan begitu, otot tangan Anda bisa terlatih dan juga baik untuk membakar banyak kalori dalam tubuh. Selain baik untuk fisik, kegiatan ini juga baik untuk mental. Siapa yang tak bahagia melihat rumah lebih bersih dan rapi, bukan?

Menggunakan Transportasi Publik

Ketika menggunakan transportasi umum, Anda dituntut untuk meluangkan waktu berjalan dari satu halte ke halte lainnya. Minimal, dari rumah ke tempat transportasi yang Anda tuju.

Ini sangat baik untuk aktivitas fisik harian. Dengan berjalan kira-kira 15 menit saja, sudah memenuhi kebutuhan akan exercise dalam satu hari. 

Menggunakan transportasi umum juga bisa membuat Anda bisa berinteraksi dengan orang sekitar. Kegiatan bersosialisai juga sangat baik untuk kesehatan mental.

Bersepeda ke Kantor

Bersepeda ke Kantor/iStock

Jika berdesakan dengan banyak orang bukan rutinitas yang Anda inginkan, mungkin yang satu ini bisa menjadi solusinya. Daripada menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor, gunakanlah sepeda.

Dengan bersepeda, Anda bisa membakar hingga ratusan kalori tergantung dengan jarak tempuh. Tak hanya itu, bersepeda juga melatih kekuatan otot kaki dan menyehatkan organ dalam. 

Jika jarak dari rumah ke kantor sangat jauh, Anda mungkin bisa mengkombinasikan exercise ini dengan kegiatan sebelumnya yaitu menggunakan transportasi umum. Pastikan untuk sarapan terlebih dahulu, ya!

***

Sumber: WebMD

Bagikan!

Tinggalkan Balasan