Stretching Bisa Menurunkan Berat Badan, Gimana Caranya?

Stretching Bisa Menurunkan Berat Badan, Gimana Caranya?
Aktivitas peregangan bisa tunrunkan berat badan/Unsplash.com
  • Stretching bisa membantu menurunkan berat badan karena setiap gerakan memberikan tekanan yang cukup pada otot-otot tertentu.
  • Anda bisa mencoba 10 gerakan stretching yang sangat bagus untuk membantu membakar lemak di tubuh.

noDokter – Sebelum olahraga, ada baiknya Anda melakukan stretching atau peregangan. Kita memang membutuhkan stretching agar tubuh siap terhadap aktivitas fisik yang akan dilakukan. Namun, tahukah Anda bahwa stretching sebetulnya punya segudang manfaat lain, salah satunya menurunkan berat badan?

Mengutip dari Fit Athletic, gerakan peregangan bisa membantu menurunkan berat badan, jika Anda melakukannya dengan baik. Nah, bagaimana caranya peregangan bekerja dalam menghempaskan banyak lemak di tubuh? Dan juga peregangan seperti apa yang cocok untuk tujuan ini? Kami akan membahasnya lengkap di sini.

Mengapa Stretching Bisa Menurunkan Berat Badan?

Stretching bisa membantu menurunkan berat badan Anda, karena sejumlah faktor. Tentunya salah satunya karena saat peregangan, kita menggunakan banyak gerakan tubuh. Selain itu, ini sejumlah faktor yang membuat stretching bisa menurunkan berat badan.

  • Kalori dengan gerakan yang cukup banyak, gerakan peregangan bisa menurunkan kalori dalam tubuh.
  • Metabolisme Setiap gerakan pemanasan yang mengharuskan Anda berdiam diri selama beberapa saat, bisa melancarkan sistem pencernaan. Hal ini tentunya sangat baik untuk Anda yang sedang menjalani diet.
  • Stress Banyak juga gerakan peregangan yanng dapat mencegah stress. Dengan berkurangnya stress, tubuh Anda tentu dapat lebih menerima manfaat dari berbagai aktivitas fisik yang dilakukan.
  • Otot – Pose pada peregangan juga sangat baik untuk meningkatkan masa otot tubuh. Dengan begitu, tubuh akan lebih menyimpan lemak dan membakar lemak.

Pose Stretching Apa yang Cocok untuk Turunkan Berat Badan?

Seperti yang sudah kami utarakan di atas, bahwa setiap gerakan stretching bisa menurunkan berat badan. Namun, ada sejumlah daftar pose yang bisa Anda lakukan untuk tujuan spesifik membakar lemak di tubuh.

1. Pose Ular Kobra

Seperti namanya, untuk yang satu ini, Anda harus berpose menyerupai ular kobra. Caranya dengan berbaring dengan tengkurap, lalu angkat badan Anda setinggi mungkin dengan bertumpu di otot perut. Anda bisa gunakan lengan untuk membantu gerakan ini.

Pose kobra sangat baik untuk membakar lemak di area perut dan juga lengan.

2. Pose “Seated Twists”

Hal pertama yang dilakukan adalah duduk dengan punggung lurus. Kemudian tekuk satu kaki dan simpan di atas ke kaki yang lain. Kaki yang di bawah harus tetap lurus.

Setelah itu, Anda harus memutar badan Anda ke arah berlawanan. Dengan pose ini, otot paha, perut juga kaki menjadi tumpuan penuh dan Anda bahkan bisa merasakan tekanan di aera tersebut.

3. Pose Prajurit

Untuk melakukan pose ini, Anda perlu menggunakan kedua lengan untuk membuat pose seperti prajurit yang siap menembak. Kedua tangan menggenggam satu sama lain kemudian diluruskan ke arah depan.

Dalm pose prajurit, Anda harus memastikan bahwa punggung dalam keadaan lurus dan tegak. arahkan terus kedua tangan ke arah depan, sehingga Anda merasakan tekanan pada area lengan atas dan bahu.

4. Pose Jembatan

Untuk pose stretching yang satu ini, pasti Anda sudah cukup familiar dengannya. Yang harus Anda lakukan adalah berbaring dengan telentang. Lalu, angkat panggul setinggi mungkin.

Pada, pose ini, Anda bisa gunakan sikut dan lengan untuk menopang tubuh, tapi pastikan posisi lengan masih tetap meengenai lantai. Strecthing yang satu ini sangat baik untuk membakar lemak di area panggul juga paha.

5. Side Lunges

Peregang yang satu ini juga cukup populer. Pose awal adalah berdiri dengan posisi kaki dilebarkan, lebih dari lebar tubuh.

Kemudian tumpukan seluruh tubuh bagian atas ke arah satu lutut yang ditekuk. Pose ini akan membuat tekanan pada bagian otot kaki.

6. Peregangan Paha Bagian Dalam

Untuk pose yang satu ini, Anda harus duduk dengan punggung yang lurus. Kemudian rapatkan kedua telapak kaki, sambil perlahan menjauhkan lutut ke arah yang berlawanan.

Sesuai dengan namanya, stretching yang satu ini sangat bermanfaat untuk paha bagian dalam. Jangan lupa untuk menahan posisi ini selama kurang lebih 30 detik.

7. Pose Meremas Lutut

Untuk stretching yang satu ini, Anda harus tidur telentang kemudian menekuk kedua lutut. Kemudian, bawa kedua lutut ke arah tubuh bagian atas.

Anda harus memeluk dan meremas lutut dalam pose ini. Tahan selama 30 detik.

8. Peregangan Otot Trisep

Jika Anda ingin membakar lemak di bagian lengan, stretching yang satu ini bisa menjadi solusinya. Anda harus melakukannya sambil berdiri dan letakkan kedua telapak tangan di bagian belakang kepala.

Kmudian, pindahkan telapak tangan ke arah punggung, sebawah yang Anda bisa raih. Lakukan gerakan ini minimal 15 kali saat peregangan.

9. Pose Busur Panah

Untuk memulai pose ini, Anda harus tidur tengkurap lalu raihlah pergelangan kaki dengan kedua tangan. Setelah itu, arahkan ke depan sambil menekuknya.

Pose stretching ini bisa dilakukan selama setengah menit. Anda akan merasakan tekanan pada area paha, betis juga lengan.

10. Pose Anjing

Seperti namanya, Anda diharuskan untuk meulai pose ini dengan posisi menyerupai anjing, yaitu berlutut dengan tumpuan di pergelangan tangan dan lutut.

Kemudian, perlahan luruskanlah tangan serta kaki Anda hingga bagian atas dan bawah badan Anda membentuk huruf V. Stretching ini juga sangat bagus untuk keseluruhan otot lengan dan kaki serta perut. Cocok untuk Anda yang ingin membakar lemak di area tersebut.

Sumber: Fit Athletic

Bagikan!

Tinggalkan Balasan