Teknik Kyu Kata dalam Karate dari Sang Master

  • Dalam banyak hal, signifikansi simbolis dari seri ‘Heian’ mewakili semangat dan sikap yang menyertai Karate-Do.
  • Kata terpendek dalam seri Heian dengan 20 hitungan juga ada dalam peragaaan video ini dengan luwes.

noDokter – Teknik Kyu Kata dalam karate mencerminkan, kelenturan, lembut dan lambat dengan gerakan yang cepat dan tajam. Pada video ini, tampil beberapa teknik gerakan kata karate yang bisa menjadi pedoman penting.

Dalam video SKIF Mastering Karate ini, Soke Hirokazu Kanazawa mempraktekan teknik Kyu Kata dalam karate dengan asistennya Nobuaki Kanazawa, Manabu Murakami dan Paul Walker.

Ada beberapa gerakan teknik Kyu Kata dalam karate pada video ini yang bisa menjadi contoh terbaik dari master karate ini. Seperti Heian Shodan yang kita terjemahkan sebagai ‘Pikiran Damai – tingkat satu’. Dalam banyak hal, signifikansi simbolis dari seri ‘Heian’ mewakili semangat dan sikap yang menyertai Karate-Do sebagai Seni Bela Diri. Kata ini berfokus pada kelenturan, lembut dan lambat dengan gerakan yang cepat dan tajam.

Ada pula Heian Nidan, Kata Heian kedua, yang memiliki 26 gerakan dan embusennya hampir berbentuk I. Separuh dari gerakan kata ini dalam kokutsu-dachi (posisi punggung). Shuto-uke (blok pisau-tangan) muncul tujuh kali, menjadikannya teknik yang sangat penting untuk kata ini.

Heian Nidan adalah kata pertama yang mengajarkan tendangan dan gerakan tangan ganda. Juga, gyaku hanmi, membalikkan posisi batang tubuh, menjadi pelajaran pertama kali dalam kata ini. Gerakan ini juga memberikan perhatian khusus pada kombinasi keage/uraken (tendangan jepret samping/tinju belakang), seperti yang terlihat di beberapa kata lainnya.

Kata terpendek dalam seri Heian, Heian Sandan juga terdapat dalam video ini. Kata ini memiliki 20 hitungan, dengan hampir setengah dari gerakan dalam kiba-dachi (kuda-kuda). Tai sabaki, atau “pergantian tubuh”, adalah yang paling penting dalam Heian Sandan. Siswa harus mempelajari cara memutar seluruh tubuh untuk mendapatkan momentum, serta cara menggeser kaki, yori-ashi. Teknik empi (siku) juga pertama kali dipelajari dalam kata ini.

Kata Keempat

Kata berikutnya adalah tingkat keempat Heian atau Heian Yondan yang memiliki 27 hitungan dan memiliki banyak kesamaan dengan Heian Nidan. Posisi utama kata ini adalah kokutsu-dachi (posisi punggung). H tingkat 4 ini memperkenalkan siswa pada banyak teknik baru seperti kosa-uke, shuto-uchi, kakiwake-uke, mae-empi, dan hiza-tsuchi. Untuk melakukan H4 dengan benar, perlu sejumlah fleksibilitas karena semua mae-geri (tendangan depan) adalah jodan (level atas).

Heian Yondan juga memiliki lebih banyak tendangan daripada kata Heian lainnya. Gerakan lambat juga harus kita kuasai dalam kata ini. Banyak dari H4 melibatkan teknik dua tangan, dengan morote-uke (blok dua tangan {x4}) terjadi lebih banyak daripada teknik lainnya. Jelas, morote-uke sangat dihormati selama penciptaan kata ini.

Ikuti terus kata-kata berikutnya dari video berdurasi 1 jam 14 menit. Seperti Heian Godan, Bassai Dai, hingga Tekki Shodan. [*]

You may also like

5 Gerakan Bela Diri bagi Perempuan yang Harus Anda Kuasai
10:36
Ladies, kadang kita berada dalam situasi buruk. Tonton video ini untuk mempelajari 5 jurus bela diri untuk perempuan bisa kamu terapkan saat dibutuhkan.
Berlatih Kizami Zuki-Gyaku Zuki Satu Dua dengan Benar
Kanazawa Kancho mempraktekan gerakan Kizami Zuki-Gyaku Zuki. Gerakan ini harus harmonis seperti gerakan satu dua sehingga dengan cepat melumpuhkan lawan.
Gojushiho Sho, Shotokan Karate Kata yang Kuat dan Indah
Gojushiho Sho adalah kata yang populer di kompetisi. Paduan gerakannya sangat kuat dan indah, kombinasi sempurna untuk kata pemenang kompetisi.
Bagikan!

Tinggalkan Balasan