Pencernaan Mempengaruhi Stres dan Kesehatan Mental

  • Semua orang pernah mengalami stres mulai dari hal-hal eksternal seperti pandemi atau yang personal seperti ujian.
  • Banyak penelitian mengungkapkan bahwa sistem pencernaan menjadi semacam ‘otak kedua’.

noDokter – Stres dipengaruhi banyak hal. Mulai dari keseharian yang banyak tekanan, mindset dan pikiran negatif, bahkan apa yang kita konsumsi. Kesehatan fisik mempengaruhi kesehatan mental, begitupula sebaliknya. Salah satunya, dari kesehatan sistem pencernaan mempengaruhi stres.

Evan dari channel YouTube Satu persen mengungkapkan, bagaimana hubungan antara otak dengan sistem pencernaan. Juga bagaimana pencernaan mempengaruhi stres. “Bisa jadi alasan kenapa mudah stres dan gampang terkena gangguan pencernaan karena stres,” ungkapnya.

Semua orang pernah merasakan stres atau overthinking mulai dari hal-hal yang sifatnya eksternal seperti pandemi atau yang personal seperti ujian. Mungkin karena keseringan berpikiran negatif, overthinking, malu, atau tidak percaya diri. Banyak hal lain yang ikut mempengaruhi termasuk hal-hal yang mungkin kita tidak pedulikan atau kita tidak tahu, Misalnya makanan yang masuk ke dalam tubuh kita

Di video ini lanjut Evan, bakal ada pembahasan bagaimana pola makan bisa berpengaruh terhadap kesehatan mental. Mungkin banyak yang sudah tahu bagaimana pola makan mempengaruhi kesehatan fisik. Ada makanan yang bisa membantu Anda semakin sehat dan kuat ada juga beberapa makanan yang bekerja sebaliknya.

“Tapi tahu gak sih kalau misalnya pola makan itu juga mempengaruhi kesehatan mental? Ini terjadi karena hal yang kita sebut sebagai gut main connection alias hubungan usus dengan otak, antara pencernaan sama pikiran. Ada beberapa saraf yang di perut kita mirip dan berhubungan sama saraf yang ada di otak,” tambahnya.

Banyak penelitian mengungkapkan bahwa sistem pencernaan menjadi semacam ‘otak kedua’. Jadi ada koneksi yang kuat antara otak dan perut. Satu sama lain saling mempengaruhi mulai dari proses pencernaan, mood kita sampai cara berpikir kita.

Evan dari Satu Persen juga mengungkapkan banyak hal menarik tentang hubungan otak dan usus dalam video ini yang penting Anda pahami. Ikuti dan simak terus videonya sampai akhir ya. [*]

 

———————

Satu Persen – Indonesian Life School

Satu Persen adalah perusahaan startup pendidikan Indonesia yang fokus pada kesehatan mental, pengembangan diri, pendidikan kecakapan hidup. Juga memberikan layanan berupa Konsultasi dengan Mentor, Konseling dengan Psikolog, Webinar, dan Kelas Online. Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan kami, Anda dapat mengunjungi https://satupersen.net/

E-Mail: [email protected]

E-Mail for Partnership: [email protected]

Instagram: https://www.instagram.com/satuperseno…

Podcast: http://bit.ly/satupersenaudio

Twitter: https://twitter.com/satupersen_id

Facebook: https://www.facebook.com/satupersenof…

You may also like

5 Soal Tes Kepribadian dan Karakter Asli Anda, Yuk Coba!
9:59
Tes psikologi atau psikotes adalah bagian penting mengetahui sifat asli seseorang. Ruang Moral membahas 5 soal tes kepribadian untuk memahami potensi Anda.
Malas Bekerja, Mindset Ala Filosofi Stoic Bisa Jadi Solusi
10:04
Hampir semua orang sering menunda pekerjaan. Namun pernahkah mendengar filosofi Yunani yang disebut Stoic. Konsep Filosofi Stoic ini bisa menjadi solusi.
Gentle Morning Flow Yoga with Friends – Jessica Yoga
56:42
Kali ini video dari noDokter akan mengajak Anda mengikuti Yoga morning flow. Yuk kita ikuti. Durasi: 1 jam, Target: Full body, Level: Pemula.
Tips Mengelola Kecemasan dan Overthinking soal Masa Depan
6:13
Berbicara soal masa depan, seringkali pembahasannya adalah pikiran negatif dan kecemasan. Satu Persen membahas tentang mengelola kecemasan dalam video ini.
Bagikan!

Tinggalkan Balasan