Latihan Treadmill 12-3-30 Viral, Efektifkah?

Latihan Treadmill 12-3-30 Viral, Efektifkah?
Treadmill 12-3-30 populer oleh YouTuber Lauren Giraldo/bragg armymwr
  • Latihan Treadmill 12-3-30 viral setelah YouTuber AS bagikan workout routine yang membuatnya berhasil turunkan 14 Kg.
  • Pola latihan ini bisa membuat Anda mendapatkan manfaat penuh dari berjalan.

noDokter – Treadmill menjadi salah satu alat bantu olahraga yang cukup populer. Tak hanya mudah untuk digunakan, manfaat yang didapat juga dipercaya sangat banyak.

Belakangan ini, latihan menggunakan treadmill viral di media sosial Tiktok. Trend latihan ini bernama ‘Treadmill 12-3-30’. Banyak orang yang setuju latihan ini sangat baik untuk membakar lemak juga memperkuat massa otot kaki. 

Apa sebenarnya trend fitness ini? Dan efektifkah untuk kesehatan seperti yang banyak orang gaungkan? Kita akan bahas lengkap di sini.

Apa Itu Tren Fitness ‘Treadmill 12-3-30’?

Tren latihan 12-3-30 mulai populer ketika seorang YouTuber asal Amerika Serikat bernama Lauren Giraldo mengunggah videonya ke tiktok. Ia mengklaim bahwa latihan ini sangat membantunya menurunkan berat badan. 

Sesuai namanya, dalam latihan ini, Anda perlu mengatur incline pada treadmill hingga angka 12, dengan kecepatan konstan 3 mil/jam (4,8 km/jam), selama 30 menit. 

Dalam video miliknya yang telah ditonton 12 juta kali, Lauren menjelaskan sesi latihan ini membuatnya berhasil menurunkan berat badan hingga 30 pounds atau sekitar 14 Kg. 

Ia pun mengatakan bahwa latihan ini Ia lakukan 5 hari setiap minggunya, sehingga mendapat hasil yang maksimal. 

Efektifkah untuk Kesehatan?

Inti dati latihan treadmill 12-3-30 sebenarnya adalah berjalan dari tempo sedang hingga cepat. Mengutip Health, berjalan dengan kenaikan tempo merupakan exercise yang sangat baik untuk tubuh bagian bawah. 

Menurut Mayoclinic, berjalan secara umum sangat baik untuk memperkuat tulang dan otot, meningkatkan keseimbangan, mencegah berbagai penyakit kronis seperti jantung, hipertensi dan diabetes tipe 2. 

Selain itu, frekuensi 5 kali seminggu sangat baik untuk menjaga kondisi tubuh secara keseluruhan. Menurut data dari Physical Activity Guidelines yang pemerintah Amerika Serikat terbitkan, orang dewasa sebaiknya melakukan aktivitas fisik paling tidak 75 menit per minggunya. 

Bagaimana dengan klaim bisa menurunkan berat badan? Latihan treadmill 12-3-30 juga mungkin bisa membantu Anda membakar lemak, namun harus bersamaan dengan exercise lainnya. 

Pasalnya, menurut riset dari The New York Times, jika tujuan Anda adalah menurunkan berat badan, setidaknya Anda harus melakukan aktivitas fisik selama 300 menit per minggu. Sayangnya, latihan 12-3-30 dengan frekuensi 5 kali seminggu, belum memenuhi kriteria tersebut.

Risiko Melakukan Latihan Treadmill 12-3-30

Treadmill 12-3-30 populer oleh YouTuber Lauren Giraldo/Youtube/Lauren GIraldo

Latihan yang viral ini mengharuskan Anda berjalan di treadmill dengan pengaturan tanjakan hingga 12. Hal ini tentunya tidak mudah, terutama bagi para pemula. 

Dengan pola latihan ini, otot sekitar bokong dan bagian belakang kaki harus bekerja ekstra dalam menaklukan incline tersebut. Tak hanya itu, jantung juga akan secara otomatis bekerja lebih karena aktivitas fisik ini.

Sejumlah organ dan anggota tubuh yang bekerja ekstra ini tentunya menimbulkan sejumlah risiko. Salah satunya otot punggung, hingga kaki yang bisa keram. 

Maka dari itu, sangat penting untuk mempersiapkan fisik kuat terlebih dahulu dengan pemanasan yang tepat. Sehingga ketika melakukan pola latihan ini, otot sekitar betis, paha, hingga bokong siap untuk melakukan aktivitas fisik ini.

Jika Anda penyuka olahraga simple dengan intensitas sedang, latihan treadmill 12-3-30 bisa menjadi salah satu pilihan. Namun, jika Anda mencari latihan dengan intensitas tinggi dengan manfaat yang lebih lagi, ada baiknya menggabungkannya dengan exercise lain.

Bagi Anda yang masih bingung olahraga yang cocok untuk kondisi tubuh Anda, yuk cek tips fitness lainnya di sini!

Sumber: Health, The New York Times, Mayo Clinic

Bagikan!

Tinggalkan Balasan