Latihan Squat Masih Paling Favorit Buat Perempuan

Admin 01 Apr 2021 07:29
header-img
  • Squat meningkatkan kelenturan, melumasi sendi lutut, dan meningkatkan kadar hormon baik terutama di bagian bawah tubuh.
  • Latihan ini baik untuk mengencangkan otot bokong, pinggul, dan paha yang menjadi perhatian perempuan.

noDokter - Semua latihan membentuk tubuh tetapi ada beberapa yang memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya. Salah satunya Squat memiliki manfaat khusus untuk tubuh bagian bawah yang kuat. Cocok untuk kaum hawa.

Squat meningkatkan kelenturan, melumasi sendi lutut, dan meningkatkan kadar hormon baik dalam tubuh Anda terutama di bagian bawah tubuh. "Squat adalah latihan yang sangat baik untuk mengencangkan otot bokong, pinggul, dan paha yang umumnya menjadi perhatian sebagian besar wanita," ujar Payal Khanchandani, instruktur kebugaran internasional, seperti dikutip dari TimesofIndia.

Asif Shaikh, ahli kebugaran berkata, "Latihan ini bagus untuk anak perempuan karena selain manfaat kesehatan, mereka juga membantu dalam membangun otot, yang sangat penting."

Para ahli mengungkapkan sejumlah manfaat yang ditawarkan squat di antaranya:

Selamat Tinggal Selulit

Para ahli mengatakan bahwa melakukan squat secara teratur dapat membantu mencegah pembentukan selulit. Asif mengatakan, "Peregangan dan peningkatan sirkulasi membantu menghilangkan selulit yang tidak diinginkan."

Pencernaan Lebih Baik

Jongkok penuh membantu menekan perut bagian bawah dengan paha dan menciptakan gelombang tekanan pada organ dalam di perut. Latihan ini membantu meningkatkan pencernaan, eliminasi, dan memudahkan buang air besar.

Perkuat Otot Inti

Squat melibatkan otot inti tubuh Anda. Selama latihan, otot perut dan punggung terlibat, sehingga Anda mendapatkan keseimbangan yang tepat. Pengikatan otot ini, memberi Anda otot perut yang kencang yang juga lebih kuat. Para ahli mengatakan bahwa triknya adalah melatih otot inti Anda, saat berjongkok.

Bangun Seluruh Otot

Para ahli kebugaran mengatakan bahwa squat adalah latihan yang mendorong pertumbuhan otot di seluruh tubuh. Latihan intens ini mendorong tubuh untuk mengeluarkan hormon yang memicu pertumbuhan jaringan otot.

Punggung Lebih Aman

Squat dianggap sebagai latihan berdampak rendah. Sementara latihan lain bisa membuat lutut, punggung, dan pergelangan kaki Anda tegang, sedangkan gerakan ini tidak memberi banyak tekanan pada area ini. Jadi, jika Anda memiliki banyak masalah punggung, squat akan sangat berguna. Namun, sebagian besar ahli kebugaran menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai jenis olahraga rutin apa pun. Mereka dapat memberi tahu apakah tubuh, tulang, otot Anda mampu menopangnya.

Postur Sempurna

Squat adalah tentang keseimbangan dan itulah alasan latihan ini bertanggung jawab atas postur tubuh Anda yang lebih baik. Berlatih squat memperkuat otot punggung dan membantu Anda duduk, berdiri, dan berjalan tegak.

Singkirkan Timbunan Lemak

Latihan ini membantu mengencangkan otot dan juga membakar kalori. Jadi, jika menghilangkan lemak dan penurunan berat badan menjadi salah satu tujuan kebugaran, latihan ini adalah yang harus Anda lakukan.

Meningkatkan Fleksibilitas

Oksigen dan aliran darah di sekitar persendian meningkat saat Anda melakukan latihan ini. Peregangan kaki dan tekukan lutut ini membantu meningkatkan kelenturan Anda dan juga meningkatkan kekuatannya.

Kaki Kencang

Ini adalah latihan yang bagus untuk tubuh bagian bawah dan kaki Anda. Anda menggunakan setiap otot di kaki Anda saat melakukan ini dan karenanya, ini membantu mengencangkan dan membentuk pin Anda. Untuk menjaga keseimbangan yang dibutuhkan, seseorang akhirnya melatih seluruh kaki.

Bokong Lebih Baik

Squat mengencangkan bokong Anda, kata ahli kebugaran. Tanpa melelahkan punggung, squat membantu Anda mengencangkan bokong Anda.

Bagaimana Melakukan Squat Dasar?

Sama seperti latihan lainnya, melakukan squat dengan benar penting agar berhasil.

  • Berdirilah dengan kaki terbuka selebar pinggul dan jari-jari kaki menghadap ke sudut 30 °.
  • Sekarang, kencangkan dan tarik otot perut Anda.
  • Selanjutnya, Anda perlu menurunkan tubuh seolah-olah akan duduk di kursi. Pertahankan gerakan lambat.
  • Saat paha Anda sejajar dengan lantai, Anda harus berhenti.
  • Anda harus tetap dalam posisi jongkok ini selama beberapa detik.
  • Sekarang, saat Anda menekan tumit, Anda harus perlahan bangkit kembali ke posisi berdiri.
  • Ulangi latihan ini setidaknya dua hingga tiga dari delapan hingga 12 repetisi.
  • Pastikan Anda beristirahat selama 60 hingga 90 detik di antara setiap set Anda.[*]

“Karena ‘Sehat itu Gampang’ mari kita praktikan Olahraga, Diet dan Kesehatan Mental”


Apakah artikel ini membantu anda?

Kami menggunakan cookie untuk memastikan bahwa kami memberikan pengalaman terbaik untuk Anda.
Jika Anda terus menggunakan situs ini, kami akan menganggap Anda menyukai website ini.