Latihan Bodyweight Sederhana untuk Kita Lakukan di Rumah

Admin 06 Feb 2021 12:18
header-img
  • Di saat pandemi,datang ke gym mungkin berisiko. Ganti kebiasaan itu dengan melakukan latihan bodyweight di rumah, dengan disiplin tinggi.
  • Beberapa gerakan bodyweight sederhana, seperti push up, sit up dan sebagainya, bila rutin kita lakukan akan mendatangkan manfaat mencengangkan.

noDOKTER—Pada saat pandemi Covid-19 mulai merebak, olahraga fitness tengah sangat popular di Indonesia. Kebiasaan mengunjungi gym sudah mulai menjadi tradisi di masyarakat. Kita pun bisa latihan bodyweight sederhana di rumah.

Sayang, segera setelah itu Covid-19 mulai mengungkung kehidupan kita. Jangankan pergi ke gym dan berkerumun dengan banyak orang, kantor dan sekolah pun diminta untuk beraktivitas di rumah, dalam SFH dan WFH.

Latihan bodyweight sederhana

Sebenarnya, berlatih fitness bisa kita lakukan di rumah. Apalagi banyak sekali gerakan yang tidak memerlukan peralatan khusus yang selama ini ada di gym.

Kalau pun kita tidak memiliki peralatan fitness seperti dumbbell dan barbell, kita tetap bisa menjaga kebugaran fisik. Jadi, sama sekali tidak ada alasan untuk tidak berolahraga. Olahraga juga tidak perlu waktu lama untuk melakukannya.

Jangan salah, gerakan sederhana seperti push up dan sit up bisa mendatangkan manfaat luar biasa, asal rutin kita lakukan.

Beberapa gerakan bodyweight

Ada beberapa macam gerakan latihan bodyweight sederhana yang bisa kita coba lakukan di rumah. Berikut gerakan-gerakan bodyweight training yang bagus kita coba :

Strengh training

Ber-push up adalah olahraga yang sangat mudah dan murah. Push up bisa kita lakukan tanpa peralatan, hanya dengan menggunakan kursi sebagai latihan tambahan. Anda bisa melakukan push up di rumah. Cobalah berlatih push up dengan 20 kali repetisi dalam tiga set.

  • Push up

Gerakan ini akan membentuk otot-otot lengan dan otot dada. Ada banyak macam variasi latihan push up yang bisa kita terapkan. Tulisan soal itu pun bertebaran di dunia maya.

  • Sit up

Sit up bertujuan untuk membentuk otot perut. Anda yang tidak punya waktu pergi ke tempat fitness, bisa melakukan olahraga sit up di rumah. Lakukan sit up 20 repetisi dalam tiga set. Sit up juga tidak membutuhkan alat apa pun untuk melakukannya.

  • Squat

Gerakan squat bertujuan untuk membentuk otot kaki agar otot kaki lebih kuat dan kokoh. Squat terutama memiliki efek yang besar untuk membentuk otot betis dan paha. Kaki yang kuat akan menjaga keseimbangan tubuh dengan baik. Jadi, jangan meremehkan dan melewatkan latihan squat.

Lakukan latihan squat 15 repetisi dalam 3-4 set. Gerakan ini memiliki banyak variasi latihan.

  • Squat jump

Selain squat, Anda bisa mencoba latihan squat jump. Gerakan ini jump adalah latihan squat yang lebih menantang, karena selain squat juga memadukan lompatan. Dengan demikian, Anda juga berlatih strengh sekaligus latihan kardio.

  • Pull up

Pull up adalah olahraga bodyweight yang sangat bagus untuk membentuk seluruh upper body anda. Boleh kita katakan, latihan pull up secara rutin lebih cepat membentuk otot ketimbang melakukan push up, karena tantangan dalam pull up jauh lebih besar.

Lakukan pull up 15 repetisi dalam 3-4 set.

  • Ab wheel rollout

Untuk variasi latihan bodyweight, terutama untuk membentuk otot perut, Anda bisa mencoba latihan ab wheel. Ab wheel adalah variasi latihan otot perut yang cukup berbobot ketimbang sit up. Ada banyak variasi gerakan ab wheel yang bisa anda coba.

  • Kardio workout

Untuk menu latihan kardio (menurunkan berat badan) Anda bisa mencoba menu-menu latihan bodyweight ini:

  • Jumping jack

Jumping jack cukup bagus untuk kardio terutama untuk membuang lemak di pinggang. Anda bisa melakukan jumping jack 30-50 repetisi. Olahraga jumping jack ini adalah olahraga yang simpel dan sangat mudah kita lakukan, serta tidak membutuhkan banyak tempat.

  • Lari di tempat

Lari di tempat adalah cara yang bagus untuk membakar lemak, terutama kalau anda tidak punya banyak waktu untuk kardio di luar seperti berlari atau bersepeda. Anda bisa melakukan lari di tempat selama 10-15 menit. Sebagai alternatif, anda bisa mencoba juga olahraga lompat tali / skipping untuk membakar lemak.

  • Burpee

Burpee merupakan gerakan yang mengeluarkan banyak keringat. Gerakan burpee sangat bagus untuk gerakan kardio yang bisa membakar lemak lebih cepat. Lakukan gerakan burpee 20 kali dalam 2-3 set.

Sebagai tambahan latihan kardio, anda juga bisa mencoba latihan shadow boxing dan olahraga lari untuk meningkatkan kekuatan dan stamina tubuh.

Lakukanlah latihan bodyweight ini secara rutin. Untuk menjaga kesehatan dan membentuk tubuh ideal, Anda bisa melakukan dengan durasi latihan: 45 menit - 1 jam.

Oh ya, jangan lupakan juga pola makan sehat dan nutrisi yang tepat. [ ]


Apakah artikel ini membantu anda?

Kami menggunakan cookie untuk memastikan bahwa kami memberikan pengalaman terbaik untuk Anda.
Jika Anda terus menggunakan situs ini, kami akan menganggap Anda menyukai website ini.