Exercise Rope Flow untuk Latih Koordinasi Tubuh

Admin 29 Nov 2021 10:04
header-img
  • Rope flow mungkin sekilas terlihat mirip dengan lompat tali atau skipping, namun exercise ini tidak pakai gerakan lompat.
  • Olahraga ini sangat baik untuk melatih koordinasi tubuh serta kerja otak kanan dan kiri.

noDokter - Bagi Anda pecinta olahraga skipping, mungkin sudah tak asing lagi dengan latihan “rope flow”. Akhir-akhir ini, exercise yang sekilas mirip dengan latihan skipping tengah populer. 

Sama-sama menggunakan tali sebagai alat bantu latihan, baik skipping dan rope flow memang memiliki banyak kesamaan. Namun, secara gerakan, keduanya jauh berbeda. 

Lalu, apa itu olahraga “rope flow”? Bagaimana gerakan yang membedakannya dengan skipping biasa? 

Pengertian Rope Flow

Olahraga rope flow pertama kali populer di Amerika Serikat, sebagai latihan koordinasi tubuh yang fun dan enerjik. Sesuai dengan namanya, olahraga ini menggunakan tali yang biasanya terbuat dari tambang untuk berbagai gerakannya. 

Berbeda dengan skipping, yang talinya lebih elastis, bahkan biasanya terbuat dari karet/plastik, olahraga ini menggunakan tali yang lebih tebal, dan tidak elastis. 

Contoh tali yang digunakan dalam Rope Flow/Octomoves

Exercise ini juga terbilang unik, karena sejumlah gerakannya merupakan adaptasi dari gerakan olahraga lain. 

Gerakan Rope Flow

Salah satu perbedaan mendasar antara rope flow dan skipping adalah tak ada gerakan melompat dalam olahraga ini. Kita hanya menggunakan tali untuk variasi berbagai gerakan, tapi tidak untuk melompat seperti pada olahraga skipping atau jump rope. 

Berikut sejumlah gerakan paling populer untuk olahraga “rope flow”, yang dilansir dari Octomoves:

  • Circumnavigation
Latihan circumnavigation dalam rope flow/YouTube/Octomoves

Dalam gerakan ini, Anda harus menempatkan kedua tangan yang sudah memegang ujung tali, di depan badan. Kemudian ayunkan tali ke arah kanan, sehingga tali membentu X, sambil badan juga menghadap ke arah kanan. 

Kemudian, lakukan gerakan yang sama ke arah kiri. Anda bisa mengulanginya hingga 1 menit. Gerakan ini sangat cocok untuk pemula dan juga baik melatih otot tangan juga koordinasi tubuh secara keseluruhan.

  • Split Jump
Gerakan Split Jump dalam Rope Flow/YouTube/Octomoves

Pada gerakan ini, Anda harus menggerakan salah satu kaki ke depan, sementara kaki lainnya ke belakang, secara bergantian. 

Sementara, posisi kedua tangan yang memegang ujung tali, diayunkan secara bergantian ke bagian kanan tubuh dan kiri tubuh. Jika kaki kiri yang maju, maka ayunkan tali ke arah kanan, begitupun sebaliknya.

  • Upper Hand Squat
Latihan Upperhand Squat/YouTube/Octomoves

Yang satu ini, posisi kedua tangan hampir sama dengan gerakan “split jump” yaitu diayunkan ke arah kiri dan kanan tubuh kita. Yang berbeda adalah gerakan kaki.

Sesuai namanya, kali ini, Anda harus melakukannya sambil squat. Kecepatan squat bisa disesuaikan dengan kecepatan mengayunkan tali ke kanan dan kiri. 

  • Free Flow
Gerakan Free Flow/YouTube/Octomoves

Untuk free flow, Anda bisa mengeksplorasi gerakan sendiri dengan mengayunkan tali melingkari tubuh. Untuk memvariasikan gerakan ini, Anda bisa sambil berjalan ringan ke arah kanan kemudian kembali ke tempat semula. 

Musik juga bisa membantu Anda menyelaraskan gerakan dengan kecepatan ayunan. 

Manfaat Rope Flow

Sebagai olahraga yang menggunakan keseluruhan tubuh, olahraga ini punya banyak manfaat terutama untuk melatih koordinasi tubuh. Tak hanya itu, olahraga ini juga punya banyak manfaat lainnya:

  • Tingkatkan mobilitas dan kesehatan sendi

Variasi gerakan dalam latihan ini sangat baik untuk melatih mobilitas terutama bagian bahu, lengan dan kaki. Olahraga ini juga bisa meredakan sejumlah nyeri di area tersebut. 

Gerakan rotasi, ekstensi hingga fleksibilitas dari exercise ini juga tentunya bisa membantu melenturkan sejumlah otot-otot kaku, terutama bagi Anda yang sudah lama tak berolahraga.

  • Membentuk Otot

Exercise ini memiliki sejumlah gerakan yang mirip dengan gerakan olahraga lain. Seperti circumnavigation (underhand movement), yang mirip dengan gerakan tangan saat berlari, berjalan ataupun ketika memukul bola dari arah bawah. 

Tentunya, dengan gerakan tangan yang menyerupai olahraga lain ini, rope flow bisa melatih otot area tangan sama dengan gerakan olahraga lainnya yang serupa. 

  • Mengurangi stress

Gerakan berulang yang terdapat dalam olahraga ini banyak juga yang menyebut sebagai meditasi bergerak. Dengan memfokuskan pikiran ke tali dan koordinasi tubuh saat latihan, olahraga ini juga bisa mengurangi stress dan kecemasan.

Semakin konsentrasi terhadap gerakan, perlahan pikiran-pikiran negatif bisa luntur dan Anda akan lebih bersemangat menjalani hari.

  • Melatih kerja otak

Tak hanya tubuh juga mental, rope flow juga bisa melatih koordinasi kerja otak kanan dan kiri. Selama melakukan gerakan ini, tentunya otak bekerja untuk menyelaraskan gerakan tubuh dengan ayunan tali.

Olahraga ini juga melatih Anda untuk mempelajari kemampuan baru yang berpusat tentunya di otak. Sehingga setelah rutin melakuka exercise ini, produktivitas dan fokus akan meningkat.

[*]

Sumber: Octomoves, Hero Movement


Apakah artikel ini membantu anda?

Kami menggunakan cookie untuk memastikan bahwa kami memberikan pengalaman terbaik untuk Anda.
Jika Anda terus menggunakan situs ini, kami akan menganggap Anda menyukai website ini.