Cermati, Inilah 11 Larangan Yoga

Cermati, Inilah 11 Larangan Yoga
Ilustrasi yoga/Yoganesia
  • Yoga memang mudah Anda lakukan di rumah tanpa membutuhkan peralatan seperti layaknya gym.
  • Anda harus memperhatikan 11 larangan yoga agar untuk mendapatkan manfaat maksimal.

noDokter – Yoga menawarkan menjadi bagian dari rutinitas latihan sehari-hari saat pandemi Covid-19. Orang yang sulit berolahraga di luar rumah bisa memilih yoga sebagai alternatif meningkatkan kualitas kesehatan fisik dan mental. Namun Anda harus memperhatikan 11 larangan yoga agar mendapatkan manfaat maksimal.

Yoga memang mudah Anda lakukan di rumah tanpa membutuhkan peralatan seperti layaknya gym. Cukup Anda menyediakan matras dan meluangkan waktu dan ikuti gerakannya. Berikut adalah 11 larangan yoga yang harus Anda ingat sebelum berlatih.

1. Jangan Memaksakan Diri

Jika Anda melakukan beberapa asana sederhana, jangan terlalu memaksakan diri. Pada skala 1 sampai 10, di mana 1 adalah yang termudah, setiap asana yang Anda lakukan tidak harus 10. Beberapa bisa 8, 7 atau bahkan lebih rendah. Juga, itu tergantung pada kemampuan tubuh dan rutinitas harian Anda.

2. Cuaca

Jangan melakukan yoga dalam kondisi cuaca ekstrim, seperti saat terlalu panas, terlalu dingin atau terlalu lembab.

3. Perhatikan napas

Pernapasan memainkan peran penting dalam latihan yoga. Seseorang seharusnya tidak menahan napas secara tidak wajar sampai ada instruksikan dari orang yang terlatih. Bernapaslah dengan normal kecuali ada instruksi khusus.

4. Yoga setelah makan

Jangan melakukan yoga sesaat setelah makan. Tunggu setidaknya 2-3 jam agar makanan dapat mengendap pada saat Anda memulai latihan.

5. Katakan tidak saat lelah

Banyak orang menganggap latihan yoga sebagai latihan yang ringan, padahal itu tidak benar. Sesi yoga dapat membuat Anda berkeringat seperti apa pun. Jadi, saat Anda lelah atau sakit, hindari berlatih yoga agar tidak membebani tubuh secara berlebihan.

Luisa Turnip

6. Minta bimbingan

Ini bukan aturan tapi pedoman, jangan berlatih yoga sendirian. Yang terbaik adalah menemukan pasangan dan berlatih di bawah bimbingan seseorang.

Hanya membaca dan berlatih dapat menyebabkan otot tertarik atau tidak nyaman. Jika Anda melakukan postur yang sulit untuk pertama kalinya, yang terbaik adalah meminta bantuan seseorang.

7. Jangan memakai pakaian ketat

Katakan tidak pada sepatu dan pakaian ketat saat melakukan yoga. Pakaian punggung bagian atas yang ketat dapat membatasi pergerakan tulang rusuk dan paru-paru yang dapat menyebabkan pernapasan tidak lengkap.

8. Mandi

Mandi setelah olahraga yang berkeringat adalah suatu keharusan. Namun jangan langsung mandi dan biarkan tubuh mengering sebelum menuju kamar mandi.

9. Yoga menstruasi

Jangan lakukan pose ‘kaki ke atas’ (terbalik) saat menstruasi. Lakukan relaksasi sederhana dan pose pernapasan saat Anda sedang menstruasi.

10. Pasca-latihan yoga

Sebaiknya tidak melakukan latihan intensitas tinggi setelah sesi yoga. Lakukan sebelum sesi yoga jika Anda berencana untuk melakukannya.

11. Minum air

Jangan minum terlalu banyak air di sela-sela latihan yoga. Anda dapat minum beberapa teguk di antaranya untuk mengatasi rasa haus. Meminum terlalu banyak air dapat membuat Anda merasa berat dan menghambat latihan. [*]

Sumber: TimesofIndia

Bagikan!

Tinggalkan Balasan