Cairan Vagina Baik untuk Kesehatan?

Admin 20 Jan 2022 17:17
header-img
  • Cairan vagina ternyata memiliki banyak bakteri baik yang baik untuk tubuh.
  • Probiotik dalam cairan ini bisa menjaga kesehatan usus juga perlancar pencernaan.

noDokter - Cairan vagina menjadi salah satu elemen penting dalam proses reproduksi wanita. Cairan ini bisa menunjang kegiatan penetrasi agar tidak menyakitkan, juga mengeluarkan hasil orgasme.

Namun, tahukah Anda bahwa larutan yang keluar dari vagina juga punya manfaat lain bagi kesehatan? Studi menemukan bahwa cairan dari organ kewanitaan ini mengandung probiotik alias bakteri baik untuk tubuh.

Ini juga yang menjelaskan banyak sebagian orang yang mencampur cairan vaginanya untuk membuat beragam makanan, seperti smoothies dan salad.

Kandungan Dalam Cairan Vagina

Vagina sebagai organ reproduksi wanita bisa mengeluarkan sejumlah air dengan tingkat kekentalan serta indikasi yang berbeda. Ada keputihan yang berwarna pekat serta teksturnya lebih kental, juga ada cairan yang bening yang biasa keluar ketika berhubungan seksual.

Cairan yang tipe kedua lah yang akan kita bahas di sini. Menurut Dr. Mendes-Soares, cairan hasil orgasme ini memiliki kandungan bakteri baik yang lumayan banyak jumlahnya.

Ada sekitar 100.000 hingga 100 juta sel Lactobacillus (salah satu jenis probiotik) per gram cairan vagina. Untuk menjadikannya nutrisi pribiotik yang kita butuhkan, diperlukan 10-10.000 gram cairan organ intim ini.

Baca Juga: Mythbuster: Mengonsumsi Sperma Bisa Menyehatkan Tubuh?

Manfaat Cairan Vagina

Ilustrasi cairan vagina/Pexels

Salah satu yang membuat cairan vagina menyehatkan adalah kandungan probiotiknya yang banyak. Probiotik sendiri adalah bakteri hidup dan jamur yang baik untuk tubuh terutama bagi sistem pencernaan kita.

Biasanya yang kita tahu, bakteri adalah kuman penyebab penyakit, akan tetapi sebenarnya tubuh kita memang memiliki komunitas bakteri, bakteri baik maupun buruk. Si probiotik ini termasuk bakteri ‘baik’ dan akan ‘membantu’ metabolisme kita karena membantu menjaga kesehatan usus.

Nah, probiotik ini biasanya bisa kita temukan di produk-produk seperti yogurt, susu tertentu atau makanan fermentasi lainnya.

Sejumlah manfaat probiotik yang terdapat larutan vagina:

  • Mengontrol pergerakan usus
  • Memperlancar pencernaan
  • Mengobati diare infeksius (akibat virus, bakteri, atau parasit),
  • serta Meredakan diare karena antibiotik.

[*]

Sumber: Vice, Web MD, Healthline, Cosmopolitan


Apakah artikel ini membantu anda?

Kami menggunakan cookie untuk memastikan bahwa kami memberikan pengalaman terbaik untuk Anda.
Jika Anda terus menggunakan situs ini, kami akan menganggap Anda menyukai website ini.