5 Manfaat Latihan Brazilian Jiu Jitsu Bagi Tubuh Kita

5 Manfaat Latihan Brazilian Jiu Jitsu Bagi Tubuh Kita
  • Brazilian Jiu Jitsu tak cuma mengenalkan teknik kuncian, bantingan dan cekikikan.
  • Selain meningkatkan kemampuan pertahanan diri, Brazilian Jiu Jitsu juga baik untuk meningkatkan daya tahan dan fleksibilitas.

noDokter Banyak cara berlatih bela diri, termasuk memilih jenis bela dirinya. Salah satunya yang bisa dipilih adalah Brazilian Jiu Jitsu (BJJ). Olahraga asal Brasil ini melatih kita untuk menguasai teknik kuncian, bantingan, dan cekikan. Buat yang belum pernah merasakan, bisa jadi ini merupakan petualangan bela diri baru.

Bela diri ini memiliki filosofi yang bagus, karena mengajarkan tentang bagaimana seseorang yang lebih kecil, lebih lemah, dan lebih lambat tetap bisa melawan musuh yang lebih besar dan kuat sekalipun. Artinya, kita tak perlu  khawatir dengan kondisi tubuh kita. Dengan latihan yang tekun, kita harus tetap optimis mempertahan diri, bahkan melawannya dalam keadaan terdesak

Memang filosofi itu tergambar dalam setiap latihannya. Tak hanya membutuhkan tenaga, tapi juga kelihaian untuk bisa mematahkan serangan lawan, bahkan hingga membuat lawan tak berkutik.

Nah, jika kita tertarik untuk berlatih Brazilian Jiu Jitsu, perlu juga kita memahami apa saja sih manfaat seni bela diri ini untuk tubuh kita. Tentu selain bisa meningkatkan kemampuan mempertahankan diri dan mengatasi lawan di depan kita. Ini 5 keuntungan tersebut di antaranya:

1. Kebugaran Tubuh

Brazilian Jiu Jitsu (BJJ) adalah latihan yang memanfaatkan seluruh tubuh, sehingga akan meningkatkan kebugaran kita. Melatih gerakan tubuh bagian atas dan bawah secara rutin akan memengaruhi keseharian kita, sehingga secara otomatis menambah kebugaran. Performa tubuh kita akan meningkat pula.

2. Daya Tahan

BJJ merupakan cara baru dan menyenangkan untuk meningkatkan ketahanan aerobik tanpa treadmill, karena gerakan-gerakan dalam BJJ mirip dengan aktivitas aeorbik. Sehingga kita akan mendapat manfaat latihan yang bisa menyehatkan jantung sekaligus pelatihan interval yang lebih pendek dan lebih kuat,

3. Kekuatan

Mengangkat beban bukanlah satu-satunya cara untuk meningkatkan kekuatan, karena BJJ cukup efektif juga melatih kekuatan kita. Bahkan tak perlu pakai dumbbell. Latihan seluruh tubuh yang kita lakukan dengan BJJ mencakup banyak grappling, yang meningkatkan kekuatan.

4. Fleksibilitas

Pola gerakan dalam latihan BJJ secara tak langsung akan meningkatkan fleksibilitas kita. Memang butuh waktu, terutama buat kita yang baru saja latihan BJJ. Jadi baru mengawali latihan dengan pinggul dan bahu yang ketat. Meski begitu, lama kelamaan tubuh kita akan fleksibel, sehingga lebih efisien dalam bergerak.

5. Energi

Menjadi lebih aktif secara fisik di siang hari dapat meningkatkan energi kita. Memang seperti berlawanan dengan intuisi, tetapi pelatihan dapat memberi kita lebih banyak energi untuk latihan. Pastikan kita meluangkan waktu untuk istirahat di sela-sela kelas dan mendapatkan tidur yang cukup setiap malam. (*)

Photo by Joshua Jamias on Unsplash

Bagikan!

Tinggalkan Balasan