Trik Jalan Kaki Setelah Makan Percepat Turunkan Berat Badan

Trik Jalan Kaki Setelah Makan Percepat Turunkan Berat Badan
Ilustrasi/Dreamstime
  • Berjalan kaki beberapa mil setelah makan dapat membantu memindahkan makanan dengan mudah ke sistem pencernaan.
  • Tidak perlu pengaturan cara berjalan kaki, Anda bisa melakukannya di ruang tamu atau bisa naik dan turun tangga.

noDokter – Jalan kaki adalah salah satu cara termudah dan efektif untuk menurunkan berat badan. Tapi bila dilakukan secara tepat, Anda bisa membakar lebih banyak kalori. Salah satu tipsnya adalah jalan kaki setelah makan.

Berjalan Setelah makan

Sesuai studi 2013, berjalan di atas treadmill selama 15 menit setelah makan mengontrol lonjakan kadar gula darah pada orang yang menderita diabetes tipe 2. Kebanyakan orang bertambah berat badan karena lonjakan kadar gula darah. Jadi, fluktuasi yang lebih rendah dalam kadar gula darah dapat membantu orang yang mencoba menurunkan berat badan.

Studi lain mengungkapkan bahwa jalan kaki setelah makan beberapa kilometer setelah makan dapat membantu memindahkan makanan dengan mudah ke sistem pencernaan. Bahkan mempercepat proses pencernaan juga mencegah segala jenis masalah perut dan meningkatkan rasa kenyang.

Bagaimana Cara Berjalan yang Benar?

Ilustrasi/Getty Images

Anda harus berjalan setidaknya 15 menit setelah makan untuk mendapatkan beberapa manfaat kesehatan. Jika punya waktu, Anda bahkan dapat menambah batas waktu. Tetapi syaratnya adalah Anda harus melakukannya dalam waktu 1 jam setelah makan.

Tidak perlu pengaturan yang sempurna untuk berjalan kaki setelah makan. Anda bisa melakukannya di ruang tamu atau bisa naik dan turun tangga. Ingatlah bahwa Anda harus berjalan. Jangan berjalan terlalu cepat karena dapat mengganggu pencernaan Anda.

Meskipun jalan kaki setelah makan terbukti bermanfaat bagi orang yang mencoba menurunkan berat badan, tetapi itu saja tidak akan banyak membantu Anda. Untuk menurunkan berat badan yang terlihat, Anda harus berjalan kaki setidaknya lima kali seminggu selama 30 menit. Selain itu, Anda dapat mencoba angkat beban dan latihan kardio untuk meningkatkan metabolisme dan membakar kalori bahkan saat istirahat.

Berapa Kalori Terbakar dengan Berjalan Kaki?

Jumlah kalori yang dapat Anda bakar saat berjalan tergantung pada berbagai faktor seperti kecepatan, jarak, durasi, berat, dan jenis medan seperti bukit atau pasir tempat Anda berjalan.

Menurut review 2019, berjalan membantu orang yang kelebihan berat badan dan obesitas menurunkan berat badan. Sebuah studi tahun 2008, yang menganalisis data selama 15 tahun menemukan orang yang berjalan, mengalami penurunan berat badan dan lebih mungkin untuk menurunkan dan mempertahankan berat badan dibandingkan dengan orang yang tidak berjalan.

Tapi bisa jadi sulit menurunkan berat badan hanya dengan berjalan kaki. Oleh karena itu, yang terbaik adalah memasukkan latihan kekuatan ke dalam rutinitas harian Anda. Ini juga membantu menjaga otot tanpa lemak, yang membantu Anda membakar lebih banyak kalori dan mendorong penurunan berat badan. [*]

Bagikan!

Tinggalkan Balasan