Tren Yoga Bersama Hewan, Efektif atau Hanya Gimmick?

Tren Yoga Bersama Hewan, Efektif atau Hanya Gimmick?
Yoga bersama hewan/Pexels
  • Yoga bersama hewan bisa membuat tujuan yoga yaitu menghilangkan stress, meningkatkan mood bisa tercapai dengan maksimal.
  • Namun, Anda harus siap dengan konsekuensi tak terduga yang binatang bisa lakukan.

noDokter – Kita semua sepakat bahwa hewan peliharaan memang bisa membawa kesenangan pribadi bagi pemiliknya, namun bagimana jika mereka diajak untuk latihan yoga bersama?

Tren terbaru yang kini sedang banyak orang gandrungi adalah yoga bersama hewan. Dari mulai anjing, kucing, kambing, babi hingga kuda menjadi hewan yang biasanya menjadi partner latihan.

Banyak klaim yang menyebutkan bahwa tren ini bisa membawa manfaat yang banyak bagi para yogi maupun binatang. Tapi, adapun sejumlah pihak yang merasa tak mendapat manfaat lebih, kecuali hanya variasi dalam latihan. 

Jadi, apakah tren ini efektif atau hanya gimmick?

Baca Juga: Yoga Melenyapkan Stres dan Kegelisahan

Gerakan Yoga Bersama Hewan

Sebenarnya dari segi gerakan, latihan yoga bersama hewan tak berbeda jauh dari yoga pada umumnya. Banyak pose-pose yang juga bisa Anda lakukan ketika berlatih bersama binatang kesayangan.

Yoga bersama anjing misalnya, sejumlah pose populer cocok Anda lakukan, seperti upward dan downward facing dog. Ya, sesuai dengan namanya, pose ini tentunya bisa juga diikuti para anjing. 

Atau ada goat yoga, yoga bersama kambing yang juga menggabungkan banyak pose, seperti child pose, standing pose juga cobra pose. 

Yoga bersama kambing/Instgram/@goatyoga

Yang harus Anda tahu adalah, ketika melakukan yoga bersama hewan, bukan berarti mereka juga harus melakukan pose yang sama. Mereka biasanya cukup diam di hadapan Anda, menemani sepanjang latihan. 

Atau ada juga gerakan di mana Anda harus menggendong hewan dan membawanya ke dalam pose. Namun, secara keseluruhan, dari gerakan dan pose, tak begitu banyak berbeda dari yoga biasanya.

Manfaat Yoga Bersama Hewan

Karena pose yang dilakukan dalam latihan bersama hewan cukup sama, maka manfaat yoga yang akan Anda dapatkan juga serupa. 

Tentunya melatih fleksibilitas tubuh, meningkatkan mindfulness, juga menghilangkan stress. Belum lagi ada sejumlah pose yang juga baik untuk membakar lemak juga menguatkan otot-otot tertentu seperti inti, kaki juga lengan. 

Namun, dengan latihan bersama hewan, mungkin bisa membantu Anda mencapai goal-goal tersebut dengan lebih mudah. 

Menurut studi dari National Institute of Health (2002), interaksi dengan hewan bisa merilis hormon positif di tubuh kita, juga meningkatkan mood. Dengan kata lain, hewan adalah antidepresan alami. 

Mereka tidak hanya membawa kecerahan dalam hidup kita, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan kita. Tentunya ketika kita bahagia, itu juga akan berpengaruh pada penurunan tekanan darah, mengurangi depresi, kecemasan, kelemahan emosional, stres serta melatih interaksi interpersonal.

Latihan bersama hewan memang akan membawa lebih banyak variasi. Misalnya, melihat tingkah lucu mereka yang mungkin mengganggu Anda ketika sedang melakukan pose. 

Yoga Bersama Hewan Bisa Juga Melelahkan

Gangguan kecil para hewan ketika Anda sedang berlatih, mungkin membuat yoga semakin fun dan challenging. Namun, di sisi lain, ini juga akan menjadi latihan yang melelahkan. 

Bayangkan, jika mereka tak bisa dikendalikan, berlari ke sana kemari. Atau misalnya para hewan ini mengeluarkan suara yang malah mengganggu konsentrasi. Bahkan, ketika mereka buang air kecil atau bahkan buang kotoran di yoga mat Anda. 

Hal-hal tersebut malah akan membuat Anda bekerja lebih dan mungkin tak lagi fokus pada gerakan juga pose yoga. 

Bagaimanapun hewan memiliki perilaku yang kadang tak bisa kita prediksi. Jika Anda sudah menyiapkan diri untuk menghadapi segala risiko yang mungkin terjadi, pilihan yoga bersama hewan ini mungkin cocok. 

[*]

Sumber: The Mindful Word, Be Yogi, National Institute of Health

Bagikan!

Tinggalkan Balasan