Tips Pengobatan Sederhana Diabetes di Rumah

Admin 16 Mei 2021 09:05
header-img
  • Dua alasan di balik diabetes yakni tubuh berhenti memproduksi insulin dan tidak merespon insulin yang diproduksi oleh tubuh.
  • Ada beberapa makanan yang berdampak negatif terhadap diabetes sehingga perlu Anda hindari.

noDokter - Indonesia berstatus waspada diabetes karena menempati urutan ke-7 dari 10 negara dengan jumlah pasien diabetes tertinggi. Kewaspadaan harus terus ditingkatkan terhadap penyakit ini. Banyak cara untuk mengobatinya, termasuk pengobatan sederhana diabetes di rumah.

Berdasarkan data International Diabetes Federation (IDF), prevalensi pasien pengidap diabetes di Indonesia mencapai 6,2 persen, artinya ada lebih dari 10,8 juta orang menderita diabetes per tahun 2020. Angka ini diperkirakan meningkat menjadi 16,7 juta pasien per tahun 2045.

Ketua Umum Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni), Prof Dr dr Ketut Suastika SpPD-KEMD mengatakan dengan data ini, 1 dari 25 penduduk Indonesia atau 10 persen dari penduduk Indoneia mengalami diabetes. "Yang paling banyak di Indonesia adalah kasus diabetes tipe 2 yang disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat. Dan melihat angka yang angat besar, artinya setiap orang memiliki kerabat, teman, atau bahkan keluarga yang mengalami penyakit diabetes," kata Suastika, dalam sebuah diskusi online, baru-baru ini.

Apa sebenarnya diabetes yang menjadi musuh pelan-pelan tubuh kita? Peningkatan kadar gula dalam darah itulah yang disebut diabetes. Ada dua alasan utama di balik diabetes. Pertama adalah ketika tubuh berhenti memproduksi insulin dan kedua, ketika tubuh tidak merespon insulin yang diproduksi oleh tubuh. Insulin dipecah oleh tubuh dan digunakan sebagai energi, yang diangkut ke sel.

Ada dua jenis diabetes yakni diabetes tipe I dan diabetes tipe II.

Diabetes Tipe I

Jenis diabetes ini biasanya terjadi pada orang yang berusia di bawah 20 tahun sehingga sering disebut diabetes remaja. Pada tipe ini, tubuh tidak dapat memproduksi insulin sebagian atau seluruhnya. Diabetes tipe I adalah penyakit autoimun. Dalam hal ini, sistem kekebalan Anda menyerang pankreas dari mana insulin diproduksi. Akibatnya, membuat pankreas menjadi tidak efisien atau tidak dapat memproduksi insulin. Jenis diabetes ini tidak dapat dicegah, hanya dapat dikontrol dengan perubahan gaya hidup sehat.

Diabetes Tipe II

Jenis diabetes tipe II lebih umum daripada diabetes tipe I. Diabetes tipe II biasanya terjadi pada orang yang berusia di atas 40 tahun. Diabetes tipe ini disebabkan karena resistensi insulin. Dalam kasus ini, pankreas menghasilkan insulin tetapi tubuh tidak dapat meresponsnya dengan baik.

Ada banyak alasan di balik diabetes tipe II. Beberapa alasannya bisa jadi kelebihan berat badan, tekanan darah tinggi, pola makan yang buruk, serta terlalu banyak stress. Juga akibat ketidakseimbangan hormon, obat-obatan tertentu dan menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak.

Hindari Makanan ini Saat Pengobatan Sederhana Diabetes

Ada beberapa makanan yang dapat berdampak negatif terhadap diabetes Anda. Jadi, hal pertama yang perlu Anda lakukan dalam pengobatan sederhana diabetes di rumah adalah menghilangkan makanan ini dari diet Anda.

1. Gula Rafinasi

Kita semua tahu bahwa gula, sampai dalam bentuk paling alami, tidak baik bagi penderita diabetes. Saat dikonsumsi, gula rafinasi meningkatkan gula darah dengan cepat. Kadang-kadang bahkan bentuk alami seperti madu dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah secara tiba-tiba. Jadi, lebih baik hindari gula rafinasi dengan segala cara jika Anda penderita diabetes.

2. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian yang mengandung gluten harus dihindari. Gluten dikaitkan dengan diabetes karena asupannya dapat menyebabkan usus bocor yang menyebabkan peradangan yang pada gilirannya dapat menyebabkan penyakit kekebalan otomatis.

3. Alkohol

Konsumsi alkohol berhubungan langsung dengan diabetes. Alkohol tidak hanya merusak hati, tetapi juga menyerang pankreas yang memproduksi insulin. Diabetes dikaitkan dengan konsumsi alkohol berat yaitu dua hingga tiga gelas sehari. Bir harus dihindari karena mengandung banyak karbohidrat.

4. Susu Sapi

Sama seperti biji-bijian, susu sapi dapat memicu sistem kekebalan yang dapat menyebabkan peradangan. Susu yang berasal dari domba dan kambing tidak berbahaya bahkan membantu menjaga kadar gula darah. Namun susu sapi konvensional bisa berbahaya jika Anda menderita diabetes.

5. Makanan Transgenik

Makanan transgenik memiliki kemampuan untuk meningkatkan diabetes bersamaan dengan menyebabkan penyakit hati dan ginjal. Pilih produk yang berlabel bebas Genetically Modified Organism (GMO) atau rekayasa genetika.

Apa yang Harus Anda Makan dan Lakukan

Kayu manis

Kayu manis

Herbal dari kayu manis mengandung senyawa bioaktif yang dapat membantu melawan dan mencegah diabetes. Jenis herbal ini merangsang aktivitas insulin dan dengan demikian mengatur kadar gula sehingga bisa menjadi bagian pengobatan sederhana diabetes di rumah. Juga jangan dikonsumsi berlebihan karena dapat meningkatkan risiko kerusakan hati mengingat ada senyawa yang disebut coumarin.

Cara mengkonsumsi kayu manis

  • Campur setengah atau satu sendok teh kayu manis bubuk dengan air hangat dan minum sekali sehari.
  • Rebus kayu manis mentah dalam 2 gelas air. Biarkan dingin selama 30 menit dan minumlah setiap hari.

Lidah Buaya

Ilustrasi/Pixabay

Lidah buaya mudah Anda temukan dan membantu pengobatan sederhana diabetes di rumah. Biasanya, lidah buaya digunakan untuk tujuan kecantikan tetapi karena memiliki sifat anti-inflamasi dapat menyembuhkan luka. Karena sifat anti-peradangannya, dikatakan dapat mengontrol kadar gula darah.

Jamblang

Buah Jamblang/Indiatimes

Jamblang dan daunnya terbukti bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah. Mengkonsumsi sekitar 100 gram jamblang setiap hari menunjukkan peningkatan yang luar biasa pada kadar gula darah Anda. Anda bisa mencoba buah ini sebagai pengobatan sederhana diabetes.

Vitamin C

Vitamin C tidak hanya baik untuk kulit tetapi juga untuk diabetes. Studi terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi sekitar 600 mg Vitamin C setiap hari dapat meningkatkan kadar gula darah secara signifikan. Orang yang menderita diabetes kronis harus mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C setiap hari. Beberapa makanan yang kaya vitamin C adalah malaka, jeruk, tomat, dan blueberry. Jadi sertakan vitamin C sebagai salah satu pengobatan sederhana diabetes di rumah.

Olahraga

Salah satu alasan di balik diabetes tipe II adalah kelebihan berat badan. Segala jenis aktivitas fisik, seperti yoga, zumba, aerobik, dan lainnya dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cara menjaga berat badan. Tidak hanya itu, berjalan kaki setiap hari membantu menurunkan kadar gula darahsebagai bagian dari pengobatan sederhana diabetes di rumah.

Tiga Cara Mengurangi Risiko Diabetes

1. Pilih Air Sebagai Minuman Utama

Tetap berpegang pada air sebagai pilihan minuman pertama membantu Anda menghindari minuman lain yang sarat dengan gula dan pengawet. Minuman manis telah dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2 dan diabetes autoimun laten pada orang dewasa.

2. Turunkan Jika Anda Kelebihan Berat Badan

Meskipun tidak semua orang yang mengidap diabetes tipe 2 kelebihan berat badan atau obesitas, tetapi sebagian besar orang mengalami obesitas. Lemak visceral yang berlebihan meningkatkan peradangan dan resistensi insulin, yang secara signifikan meningkatkan risiko diabetes seseorang. Kehilangan 10 persen dari berat badan Anda mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

3. Berhenti Merokok

Merokok telah dikaitkan dengan banyak kondisi kesehatan yang serius. Penelitian juga menunjukkan bahwa merokok dan perokok pasif membuat seseorang terkena diabetes tipe 2. Merokok meningkatkan risiko diabetes sebesar 44 persen dan orang yang merokok lebih dari 20 batang sehari, risikonya meningkat sebesar 61 persen. [*]


Apakah artikel ini membantu anda?

Kami menggunakan cookie untuk memastikan bahwa kami memberikan pengalaman terbaik untuk Anda.
Jika Anda terus menggunakan situs ini, kami akan menganggap Anda menyukai website ini.