Tentang Kami

Kami adalah noDokter

Latar Belakang

“Mens Sana In Corpore Sano: Di Dalam Tubuh Yang Sehat, Terdapat Jiwa Yang Sehat” 

Ini menjadi idaman setiap manusia. Namun hal ini sulit terwujud oleh masyarakat luas di Indonesia dan negara di dunia ketiga. Keterbatasan waktu, dana, dan referensi yang tepat menjadi kendala untuk menjalani hidup sehat.

Hidup sehat memiliki 3 pilar utama yaitu SDM: Sport (Olahraga), Diet sehat (asupan makanan), dan Mental Health (kesehatan pikiran). Ketiga pilar ini semakin menjadi kebutuhan seiring terjadinya pandemi Covid-19 saat ini.

Hanya saja, pandemi membuat akses berolahraga menjadi terbatas. Beberapa tempat olahraga masih belum dapat digunakan maksimal. Sementara panduan melakukan olahraga yang tepat di rumah juga masih belum mudah kita dapatkan.

Di sisi lain, gaya hidup yang kurang berolahraga saat pandemi juga dibarengi dengan pola konsumsi yang tidak sehat. Makanan cepat saji dan cemilan yang tidak sehat, serta tanpa memperhitungkan komposisi protein, karbohidrat dan lemak yang seimbang membuat tubuh semakin tidak sehat.

Situasi pandemi juga ikut menggerogoti kesehatan mental. Tekanan pekerjaan kantor dan rumah saat work from home, keterasingan hingga kurangnya sosialisasi memicu kecemasan dan stres yang berujung pada depresi dan gangguan mental. Belum lagi tekanan ekonomi yang makin sulit.

Faktor SDM ini juga masih dipengaruhi dengan beragamnya informasi di media sosial mengenai olahraga, gaya hidup sehat, herbal, pengobatan, bahkan soal virus dan penanganan Covid-19 yang terkadang tidak didukung oleh data dan sumber yang tepat. Masih banyak orang mempercayai mitos, hoaks dan informasi bohong ini.

Padahal masyarakat membutuhkan informasi tentang sport, diet dan mental health yang tepat, untuk melawan penyakit, meningkatkan kekebalan tubuh hingga tetap menjaga kebugarannya. Termasuk menghadapi dan mempersiapkan diri untuk melawan virus Covid-19 yang tengah mewabah.

Berawal di San Francisco, (Silicon Valley) USA, tahun 2020, noDokter dibentuk dengan 3 tujuan utama. 

  1. Membantu meringankan beban para pahlawan medis yang berjuang membantu korban Covid, dengan meningkatkan imunitas tubuh dan gaya hidup sehat serta kesehatan mental yang baik di kalangan masyarakat. Masyarakat yang sehat dapat meringankan dan membantu para tenaga medis lebih fokus dalam melawan Covid-19.
  2. Membantu memberikan kesempatan kepada banyak pelatih olahraga yang kehilangan pekerjaan karena pandemi, agar mereka dapat terus berkarya melalui platform digital noDokter.com.
  3. Memudahkan proses menuju hidup sehat guna mencapai Mens Sana In Corpore Sano dengan mengikuti beragam jenis konten mengenai olahraga yang tepat, asupan makanan sehat dan kiat menjaga kesehatan mental, serta informasi kesehatan lainnya.

 

Karya dan Kerja Sama

Platform noDokter terus menghadirkan berbagai karya dan inovasi untuk mendukung olahraga, diet, dan kesehatan mental. Seperti menggelar sejumlah kegiatan di antaranya menginisiasi Gerakan Sehat Tuh Gampang lewat Kampanye 1 Juta Doa Untuk Indonesia Bersatu Melawan COVID-19. Kegiatan ini mendapat dukungan luas dari Ketua Lembaga Negara, Para Menteri di Kabinet Indonesia, asosiasi pengusaha, olahragawan dan tokoh-tokoh agama dan kemasyarakatan dan lain-lain.

Untuk meningkatkan pemahaman, peningkatan pengetahuan dan kesadaran serta hidup lebih sehat dengan olahraga, diet dan kesehatan mental yang baik, noDokter juga menggelar banyak webinar. Dalam kegiatan ini dilakukan kerja sama dengan banyak pihak diantaranya Satgas Penanganan Covid 19 Indonesia, Gerakan Pakai Masker, University of Washington Alumni Indonesia (UWAIN), PT Mecosin, PT Bank Central Asia (BCA) dan banyak lagi.

Tentunya dengan nara-nara sumber berkualitas seperti pakar imunologi Universitas Indonesia dan RSCM, Dr dr Suzy Maria, ahli penyakit dalam Prof Dr Suwandhi Widjaja Sp.PD, Ph. D, Finasim serta ahli jantung dan pembuluh darah dr. Widi Nugraha Hadian. SpJP, FIHA. Juga Guru Besar Farmasi UGM, Prof Zullies Ikawati, PhD, Apt serta sejumlah narasumber lainnya.

Dukungan untuk bersama-sama meningkatkan kesehatan tubuh dan jasmani tidak hanya datang dari dalam negeri, tetapi juga dari mancanegara. Dari Indonesia ada praktisi kebugaran Ade Rai ikut memberikan tips-tips sehat dan bugar bagi pembaca noDokter.

Sementara dari mancanegara ada: Aanya Wellness dari India, Alessandro Sigismondi dari Italia, Sarah Beth dan Jaclyn Wood dari Amerika Serikat, serta organisasi karate terbesar dunia SKIF yang berpusat di Jepang dan banyak lagi lainnya.

Dukungan dan apresiasi muncul dari berbagai pihak di dalam dan luar negeri kepada noDokter, termasuk penghargaan sebagai pemenang kompetisi startup di 2020 dari IPHatch® yang difasilitasi Piece Future, Nokia dan Panasonic.

Misi

SEHAT TUH GAMPANG !!!

Dengan menyediakan berbagai sarana olahraga online dan informasi yang diandalkan, noDokter memiliki misi untuk menjadi platform bagi siapa saja agar bisa menjalani kehidupan mengacu pada gaya hidup sehat didukung 3 Pilar SDM (Sport, Diet sehat, menjaga Mental Health).

noDokter berperan sebagai platform kebugaran dan kesehatan di Indonesia yang memberikan wawasan dalam empat aspek, yaitu Olahraga, Diet, Kesehatan mental, dan pengetahuan akan penyakit.

Dengan menghadirkan berbagai tips, hasil penelitian terkini, dan pengetahuan mendasar, noDokter membantu pengguna mendapatkan tubuh dan jiwa yang sehat. Kami bisa menjadi sumber utama bagi semua kebutuhan olahraga dan kesehatan masyarakat.

Apa itu noDokter?

Tidak seperti situs-situs media online lainnya, noDokter bukanlah laman kesehatan, bahkan bukan pula media online. noDokter hadir lebih sebagai platform SDM, yaitu sport, diet, dan mental health yang memungkinkan pengguna mendapatkan banyak info dan panduan terbaik. Informasi disajikan dalam bentuk artikel, video, panduan atau booklet, webinar, kampanye, kegiatan komunitas, kelas online, kalkulator kesehatan dan sebagainya.

Platform noDokter diharapkan tidak hanya akan memudahkan warga Indonesia menemukan jawaban atas persoalan kebugaran, olahraga, dan asupan gizi tetapi juga mempermudah publik merencanakan kesehatan mereka. noDokter.com juga fokus kepada pencegahan (preventive) bukan penyembuhan (curative). noDokter menjadi satu-satunya platform digital yang mengkoneksi penyedia dan pengguna dalam berolahraga, diet dan kesehatan mental.

Tentang Logo Kami

Logo noDokter merupakan gabungan dari tiga objek yaitu jantung, bisep, dan apel. Ketiganya melambangkan dedikasi kami untuk mendukung kebahagiaan, kebugaran, dan kesehatan pengguna kami melalui kesehatan mental, fisik, dan nutrisi yang baik.

Fokus Kami