Teknik Hadapi Pejambret, Jangan Ngotot, Lakukan Ini!

Teknik Hadapi Pejambret, Jangan Ngotot, Lakukan Ini!
Ilustrasi penjambretan/Shutterstock
  • Banyak yang menyarankan daripada harus celaka, cara yang paling aman adalah merelakan barang berharganya.
  • Dengan melatih refleks menggunakan teknik dasar sudah cukup menjadi modal bila suatu saat mengalami penjambretan.

noDokter – Apa yang akan Anda lakukan jika dijambret di jalan? Kebanyakan memilih berteriak minta tolong dan terdiam terpaku. Atau malah ngotot mempertahankan tas atau Ponsel Anda? Ada beberapa teknik hadapi pejambret yang bisa coba Anda lakukan.

Kejahatan dengan modus penjambretan baik itu ponsel atau tas makin marak akhir-akhir ini. Lihat saja di media sosial banyak tayangan dari CCTV tentang aksi para pengecut memaksa mengambil hak orang lain ini. Mereka mengintai korban yang lengah, lalu dengan sangat cepat merampas tas dan kabur.

Kadang ada yang berusaha melawan dengan mempertahankan barang miliknya, namun seringkali berakibat fatal. Apalagi sekarang penjambret menggunakan sepeda motor dan melengkapi dirinya dengan senjata tajam. Banyak yang menyarankan daripada harus celaka, cara yang paling aman adalah dengan merelakan barang berharganya digondol penjahat.

Memang ada beberapa orang yang membagikan tips teknik hadapi pejambret. Misalnya Le Hoang Mai, Master Aikido di kota Ho Chi Minh, Vietnam berbagi tips ketika menghadapi jambret. Ia menyarankan siapapun yang membawa tas untuk memegang talinya bukan tasnya.

Lebih baik lagi bila tali tas kita selempangkan. Jika tiba-tiba seseorang merampas tas, yang harus dilakukan dengan refleks adalah memegang kuat tali tas sambil langsung jongkok. Begitu jongkok, beban tubuh akan bertumpu ke bawah dan membuat jambret akan jatuh terjerembab karena kehilangan keseimbangan. Dengan melatih refleks menggunakan teknik dasar ini sambil berteriak minta tolong, sudah cukup menjadi modal bila kita suatu saat mengalami kejadian tak terduga.

Ada beberapa teknik hadapi pejambret lainnya ketika Anda berhadapan dengan para penjahat di jalanan ini. Termasuk bisa dilakukan kaum perempuan. Beberapa trik sederhana ini, seperti dikutip dari Kaskus, bisa Anda lakukan untuk bertahan atau setidaknya sekadar mencuri waktu untuk berlari dan minta pertolongan.

1. Melepaskan Diri dari Genggaman Tangan

Melepaskan dari genggaman pejambret/pinterest

Saat seseorang mencengkeram tangan, jangan menariknya karena genggamannya nggak akan terlepas begitu saja hanya dengan ditarik. Putar pergelangan tanganmu agar posisi ibu jari sejajar dengan genggamannya kemudian sentak dengan cara menekuk siku dengan cepat.

2. Tendang Bagian Lutut

Salah satu teknik hadapi pejambret lain yang bisa Anda lakukan adalah menendang lutut penyerang Anda. Tingkat kesuksesan teknik ini lebih tinggi daripada menyerang wajah atau area selangka karena hampir tidak mungkin seseorang bisa melindungi lututnya dengan tangan. Gerakan ini cukup memberimu waktu untuk kabur dan meminta pertolongan.

3. Menyerang Area di Antara Telinga dan Leher

Daerah di antara telinga dan leher juga cukup sensitif. Serangan ringan saja di daerah tersebut bisa menghasilkan rasa sakit yang luar biasa, bahkan kejang. Sedangkan pukulan yang lebih keras bisa mengakibatkan hilang kesadaran, bahkan kematian!

4. Menyerang Hidung

Teknik hadapi pejambret lain yang bisa Anda lakukan saat seseorang datang dari depan adalah dengan menyerang hidungnya. Buka tangan dan sentak hidungnya menggunakan telapak tangan dari arah depan. Mematahkan hidung dengan cara ini lebih menyakitkan dari pada meninjunya dari samping.

5. Colok Matanya

Mencolok mata seseorang memang terlihat seperti cara yang sepele, tapi sebenarnya cukup efektif. Nggak sengaja kecolok saja sudah menyakitkan, bayangkan jika benar-benar mencolok mata penyerang dengan sekuat tenaga.

6. Melepaskan Diri dari Cekikan

Jika seseorang berusaha mencekik, jangan langsung berusaha melepaskan diri dengan meraih tangannya. Sebaliknya, arahkan tangan lewat dalam lengan si penyerang dan serang wajahnya. Cari sasaran di area paling sensitif seperti telinga, hidung, tenggorokan, atau khususnya mata. Atau juga bisa menarik lengannya ke bawah dan langsung menendang selangkangannya.

7. Manfaatkan Barang yang Anda Punya

Tidak perlu membawa pisau atau senjata tajam sejenisnya. Manfaatkan saja barang berujung tajam yang kamu punya seperti pulpen atau sisir. Ketika ada seseorang yang menyerang, tusuk si penyerang dengan sisi yang tajam di bagian lunak seperti area atas bibir. [*]

Bagikan!

This Post Has One Comment

  1. Restu

    Ini asli keren, haha harus dihapal nih mungkin saja suatu saat diperlukan.

Tinggalkan Balasan