Tak Hanya Mengasyikan, Ini Manfaat Bollywood Dance

Tak Hanya Mengasyikan, Ini Manfaat Bollywood Dance
Bollywood dance/iStock
  • Tarian ini merupakan aktivitas kompleks, tetapi menyenangkan yang dapat melatih jantung.
  • Bollywood dance membantu mengembangkan ritme alami tubuh, memperkuat koordinasi dan keseimbangan.

noDokter – Anda suka dance sekaligus ingin meningkatkan kebugaran? Banyak tarian yang bisa menjadi ajang Anda menguras keringat atau membakar kalori. Salah satunya Bollywood dance. Anda patut mencobanya, selain mengasyikan, gerakannya juga bermanfaat bagi tubuh. Yuk goyangkan pinggul!

Tarian Bollywood dikenal sebagai tarian yang berakar dari agama Hindu dan budaya India. Saat ini, ketika Bollywood (industri film India) berkembang dan semakin populer di seluruh dunia, tren tarian Bollywood juga ikut terangkat.

Tarian Bollywood menggabungkan berbagai gaya tarian, menyentuh gaya pribadi setiap orang. Dalam tarian Bollywood, ada beberapa gerakan yang lebih popular dengan menggunakan kombinasi folk, jazz, salsa, Arab dan street dance. Sehingga baik untuk semua orang, apakah Anda lebih tua, lebih muda, pemain berpengalaman atau pemula tari.

Bollywood dance/Trivalleydesi

Tarian ini juga merupakan aktivitas yang kompleks, tetapi menyenangkan yang dapat berfungsi sebagai latihan memompa jantung. Berikut adalah 8 manfaat kesehatan dari tarian Bollywood:

1. Meningkatkan koordinasi dan ritme

Bollywood dance mengharuskan para penari untuk sepenuhnya mengikuti irama musiknya. Dari mengetuk kaki Anda ke ritme cepat hingga mengangkat bahu dalam gerakan yang lambat dan bertenaga. Tarian Bollywood membantu mengembangkan ritme alami tubuh, dan memperkuat keterampilan koordinasi dan keseimbangan.

2. Bentuk latihan yang mengasyikkan

Bollywood dance adalah aktivitas yang sangat bersemangat dan memberi tubuh beberapa latihan aerobik yang hebat. Menari itu sendiri melibatkan seluruh tubuh dan dapat mengeluarkan keringat. Tetapi kenikmatan yang dirasakan seseorang saat menari tidak tertandingi mengingat seberapa banyak tubuh terlibat dalam latihan fisik.

3. Mengencangkan tubuh

Ketukan musik dansa Bollywood yang ekspresif dan ceria tidak bisa tidak membuat tubuh Anda bergerak dengan cepat. Setiap gerakan membantu mengencangkan kelompok otot utama seperti betis dan inti, membuat tarian Bollywood menjadi cara menyenangkan untuk menjadi kurus.

4. Melumasi persendian

Gerakan keras dalam tarian Bollywood membantu melonggarkan seluruh tubuh dengan menjaga persendian tetap terlumasi dengan baik sehingga mencegah radang sendi. Penari menjadi lebih fleksibel dan gesit saat melakukan berbagai gerakan dan tarian, membantunya merasa lebih nyaman.

5. Meredakan stres

Tarian Bollywood merupakan versi menyenangkan dari tarian tradisional India. Karena menyenangkannya itulah, tarian Bollywood menjadi cara yang baik untuk membantu melupakan kekhawatiran Anda. Tentunya dengan rutinitas tarian yang menyegarkan pikiran, menjaga tubuh tetap bergerak, dan menghilangkan rasa khawatir saat Anda mengeluarkan keringat.

6. Latihan Aerobik

Tarian Bollywood untuk kebugaran seperti banyak latihan aerobik lainnya, membutuhkan komitmen, konsistensi, dan kemajuan. Tarian Bollywood dapat menjadi pengganti yang sangat baik untuk kebutuhan kardio dalam latihan dan membantu membangun stamina dan daya tahan.

7. Suplai oksigen

Rangkaian tarian Bollywood adalah bentuk latihan aerobik yang hebat, karena melibatkan banyak gerakan aktif dan energik. Ini membantu meningkatkan pasokan oksigen ke seluruh tubuh, memastikan otot Anda mendapatkan oksigen paling banyak untuk membuat Anda tetap bergerak.

8. Latihan seluruh tubuh

Sebagai tarian berintensitas tinggi dengan gerakan cepat dan ceria, Bollywood dance membantu menurunkan berat badan ekstra dengan cepat. Gerakan seluruh tubuh membantu melatih tubuh bagian atas dan bawah secara bersamaan sambil mengencangkan otot inti. [*]

Sumber: Healthfitnessrevolution.

Bagikan!

Tinggalkan Balasan