Rekomendasi Alat Gym untuk Olahraga di Rumah

Rekomendasi Alat Gym untuk Olahraga di Rumah
Alat gym bisa Anda beli untuk olahraga di rumah/pexels
  • Banyak alat gym yang bisa Anda beli untuk berolahraga di rumah, salah satunya tali skipping.
  • Bagi Anda yang suka angkat beban, dumbbell juga bisa menjadi alternatif alat untuk exercise tanpa keluar rumah.

noDokter – Masa pandemi yang belum berakhir masih mengharuskan segala hal untuk dilakukan di rumah. Termasuk berolahraga. 

Bagi mereka yang terbiasa melakukan exercise di rumah pasti sudah tak bingung memulai rutinitas fitness. Namun, bagi Anda yang telah terbiasa melakukan olahraga di tempat kebugaran, tentunya cukup membingungkan.

Pasalnya, Anda membutuhkan sejumlah alat yang bisa menunjang kegiatan olahraga. Kali ini kami akan berikan rekomendasi alat gym yang bisa Anda beli untuk exercise di rumah. 

Bukan hanya menunjang kegiatan fitness, alat-alat berikut cukup mudah ditemui dan harganya terjangkau. Berikut rekomendasinya untuk Anda.

1. Tali Skipping

Skipping/iStock

Salah satu olahraga murah yang bisa Anda lakukan adalah lompat menggunakan tali skipping. Selain mudah untuk didapatkan, tali skipping juga cukup terjangkau. Harganya berkisar antara Rp 50 Ribu-Rp 150 Ribu.

Tak hanya itu, skipping juga bisa sangat menguras keringat. Mengutip Health, skipping 10 menit setara dengan melakukan jogging selama 30 menit. Gerakan lompat dengan skipping juga sangat baik untuk melatih kerja jantung serta menguatkan otot kaki.

2. Dumbbell

Dumbbell/iStock

Dumbbell adalah alat angkat beban versi lebih kecil. Sama seperti alat angkat beban di gym, dumbbell juga memiliki berat yang bervariasi, dari mulai 0,1-10kg.

Alat ini sangat baik untuk Anda yang ingin melatih otot lengan dan bahu. Dumbbell juga bisa Anda gunakan untuk melakukan variasi dalam gerakan sit-up ataupun exercise lainnya.

3. Gym Ball

Gym Ball/Pexels

Bola gym sudah sangat populer dan sangat mudah kita dapatkan. Tak hanya itu, gym ball juga bisa digunakan oleh semua kalangan.

Gym ball juga bahkan sering direkomendasikan untuk ibu hamil ketika melakukan senam sebelum melahirkan. 

Baca juga: Ukuran Gym Ball yang Pas untuk Anda

Bola gym sangat bermanfaat untuk melatih keseimbangan, kardio, kekuatan hingga fleksibilitas tubuh. Anda juga bisa menggunakan gym ball untuk berbagai pose stretching.

4. Matras Yoga

matras yoga
Matras Yoga/iStocks

Yang satu ini cocok bagi Anda yang suka melakukan senam lantai, termasuk yoga. Namun, tak terbatas yoga, matras ini juga bisa berfungsi untuk gerakan lantai lainnya, seperti plank, sit-up, dan push-up.

Dengan matras ini, exercise Anda bisa terasa lebih nyaman dan menghindari dari tergelincir. Sama seperti gym ball, yoga mat juga sangat bisa digunakan oleh semua kalangan usia.

5. Kettlebells

Latihan menggunakan kettlebells/iStocks

Jika Anda ingin alat angkat beban yang lebih menantang, kettlebells bisa menjadi jawabannya. Biasanya, kettlebells memiliki berat 8 kg-20 kg.

Anda bisa memakai kettlebells dengan mengayunkannya dengan satu ataupun kedua tangan. Kettlebells juga sangat menunjang variasi gerakan sit-up, push-up maupun pose lainnya.

Sama seperti dumbbell, kettlebells juga sangat baik untuk melatih otot tubuh bagian atas termasuk lengan dan dada. Alat ini juga bisa memberkan tekanan pada otot paha, bokong serta betis..         

6. Resistance Bands

Resistance Band/Pexels

Ingin melatih ketahanan otot? Resistance bands bisa menjadi salah satu pilihannya. Resistance bands adalah tali yang terbuat dari karet untuk melatih kekuatan otot. 

Tingkat elastisitas resistance bands beragam, ada yang rendah hingga tinggi. Bentuknya pun beragam, mulai dari melingkar seperti gelang berukuran besar, hingga tali yang memiliki ujung yang bisa dipegang oleh pergelangan tangan. 

Manfaat dari resistance bands sangat beragam, dari melatih ketahanan otot bagian kaki, lengan, hingga dada dan bahu sesuai dengan bentuk resistance bands yang dipilih. 

7. Pull Bar

Pull Bar/Pexels

Jika Anda ingin melakukan pull up di rumah, pull bar portable bisa menjadi pilihan selanjutnya. Alat gym sederhana ini bisa dengan mudah kita pasang di ujung pintu atau dinding. 

Dengan melakukan pull up, otot perut, lengan serta bahu akan mendapatkan tekanan dan sangat baik untuk membakar lemak di area perut.

Mau tahu tips fitness lainnya? Subscribe ke newsletter kami di sini.

***

Sumber: Health, Healthline

Bagikan!

Tinggalkan Balasan