Perkakas Rumah Bisa Jadi Sarang Penyakit, Ganti Segera!

Admin 26 Jan 2022 08:00
header-img
  • Sejumlah perkakas rumah harus segera kita ganti karena bisa menjadi sarang bakteri dan membahayakan kesehatan.
  • Spons cuci piring misalnya, lebih baik menggantinya seminggu sekali.

noDokter - Kapan terakhir kali Anda mengganti perkakas rumah tangga? Jika Anda tak ingat, mungkin ini sudah saatnya untuk mengganti perkakas segera.

Tahukah Anda, perkakas rumah bisa menjadi sarang bakteri dan penyakit jika tidak diganti sesuai dengan masa berlakunya. Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu berapa lama alat-alat rumah tangga ini bisa bertahan.

Berikut daftar masa berlaku perkakas rumah tangga yang harus Anda ketahui.

1. Spons Cuci Piring

Spons cuci piring bisa jadi sarang kuman/Pexels

Tidak butuh waktu lama bagi spons untuk menjadi sarang bakteri. Spons dapat menyebarkan kuman ke tangan Anda bahkan kemudian ke makanan.

Yang bahaya adalah jika Anda memiliki luka di tangan, bakteri dapat masuk ke tubuh dengan cara itu. Ada juga yang menyarankan untuk mencuci bersih spons cuci piring dengan merebusnya.

Namun, para peneliti dari The University of Illinois College of Medicine, menyarankan yang terbaik adalah menggantinya seminggu sekali.

2. Bantal

Bantal harus diganti setiap 2 tahun/iSTock

Penopang leher dan kepala Anda ini akan kehilangan bentuk dan kekencangannya seiring berjalannya waktu. Bantal juga menyerap keringat, minyak, dan sel-sel kulit yang Anda keluarkan saat Anda tidur.

Karenanya, lebih baik mengganti bantal lama dengan yang baru setiap 2 tahun. Atau bahkan lebih cepat, jika kondisi bantal sudah tak baik sama sekali.

Ciri-ciri bantal yang harus segera Anda ganti adalah, bentuk busanya sudah tak seperti semula. Selain menjadi sarang bakteri, bantal seperti ini juga bisa membuat Anda tak nyaman saat tidur.

Baca Juga: 5 Manfaat Tidur Telanjang Bagi Kesehatan

3. Sikat Gigi

Sikat gigi harus diganti 3 bulan/pexels

Yang satu ini juga kadang kita lupa untuk menggantinya. Padahal, kita menggunakannya 2 kali setiap hari.

Menurut jurnal dari American Dental Association, waktu terlama untuk menggunakan sikat gigi yang sama hanyalah 3 bulan. Setelah lebih dari 3 bulan, bulu-bulu di sikat gigi akan rusak juga berpotensi mengandung bakteri.

Jangan lupa menyimpannya di tempat khusus dan tidak bercampur dengan sikat gigi milik orang lain.

4. Teflon

Teflon harus segera diganti jika sudah terkelupas/Pexels

Panci dan wajan antilengket atau polytetrafluoroethylene (Teflon) yang sudah mengelupas harus ada dalam daftar peralatan dapur yang harus Anda ganti.

Untungnya, serpihan Teflon bisa berbahaya jika masuk ke makanan Anda. Maka, segeralah menggantinya dengan yang baru.

Biasanya teflon bisa bertahan 6 bulan-1 tahun, tergantung ketahanan merk teflon itu sendiri. Namun, jika sudah terlihat kulitnya mengelupas, segeralah menggantinya.

5. Makeup dan Alatnya

Makeup dan alatnya harus diganti setelah 6 bulan/iStock

Riasan wajah atau makeup seperti lipstick atau eye shadows juga blush on, biasanya memiliki tanggal kedaluwarsanya masing-masing. Namun, 6 bulan menjadi waktu yang cukup untuk menggantinya dengan yang baru.

Tak hanya makeupnya, alat-alatnya seperti brush, bisa menjadi boomerang jika tidak dibersihkan atau diganti dalam jangka waktu yang lama. Melansir Cleveland Clinic, alat makeup yang tidak steril bisa mengakibatkan bakteri membahayakan pindah ke wajah dan menyebabkan jerawat.

Cuci alat makeup secara teratur dengan air hangat dan sabun agar cukup bersih untuk digunakan dalam waktu yang lama. Ikuti jadwal ini: seminggu sekali untuk alat yang mengaplikasikan riasan basah; dua kali seminggu untuk aplikator riasan mata.

Kuas untuk riasan kering bisa bertahan satu bulan di antara pembersihan. Buang setelah mereka terlihat usang.

6. Lensa Kontak

Tempat lensa kontak juga harus dibersihkan setiap setelah pakai/iSTock

Bagi Anda pemakai lensa kontak, Anda pasti tahu bahwa menjaga kebersihannya menjadi kunci utama. Bagaimana tidak, lensa kontak yang terkena sedikit saja butiran debu, akan mengakibatkan rasa tidak nyaman ketika dipakai.

Untuk menjaga lensa kontak Anda tetap bersih, jangan lupa rutin mengganti airnya dengan cairan khusus. Dan tak hanya kebersihan lensa kontak yang penting tapi juga tempatnya.

Bilaslah tempat lensa dengan larutan garam segar, bukan air, setelah setiap kali digunakan. Ganti yang baru setiap 3 bulan. Menurut American Academy of Ophthalmology, casing yang retak atau rusak merupakan tempat yang baik bagi bakteri, jadi segera ganti.

7. Baterai

Baterai bisa membahayakan jika tak segera dibuang/Pexels

Anda pasti sudah tahu kapan sebaiknya mengganti batu baterai yang Anda gunakan dalam banyak perkakas. Namun, tahukah Anda, jika membuangnya langsung ke tempat sampah, atau bahkan tidak membuangnya sama sekali, malah akan membahayakan?

Baterai AA atau AAA memiliki kandungan logam beracun di dalamnya yang buruk bagi lingkungan dan tubuh manusia. Maka, segeralah buang ke tempat yang aman, yang khusus bisa menampung sampah logam.

[*]

Sumber: WebMD, Tibbs Bioscience, American Academy of Ophthalmology, Cleveland Clinic, American Dental Association, National Sleep Foundation


Apakah artikel ini membantu anda?

Kami menggunakan cookie untuk memastikan bahwa kami memberikan pengalaman terbaik untuk Anda.
Jika Anda terus menggunakan situs ini, kami akan menganggap Anda menyukai website ini.