Priority Training Principle, Ikuti Penjelasan Ade Rai Ini

  • Pembahasan kali ini berawal dari pertanyaan sederhana yaitu kalau latihan kaki, urutannya mana dulu?
  • Prioritas training tergantung kepada precision and personalize goal masing-masing.

noDokter – Latihan apa yang kita mesti kita dahulukan ketika di fitnes? Apakah latihan beban yang paling berat atau yang ringan dahulu? Priority training principle penting dalam menentukan latihan terbaik yang sesuai dengan tujuan kebugaran Anda. Yuk ikuti penjelasan Ade Rai.

“Pembahasan kita kali ini berawal dari sebuah pertanyaan sederhana yaitu kalau latihan kaki, urutannya dari mana dulu? Pertanyaan ini berkaitan dengan priority training principle jadi prinsip prioritas training,” kata Ade Rai, professional bodybuilder dalam video di channel YouTubenya.

Ia menambahkan, prioritas training tergantung kepada precision and personalize goal masing-masing. Tiap orang pasti tidak ada yang namanya one size fits all program, masing-masing punya prioritas sendiri-sendiri.

Lalu memulainya dari mana? Priority training principle memprioritaskan jenis latihan yang membutuhkan tenaga paling besar kalau bisa Anda lakukan di awal latihan. Hal ini karena energi kita berada di titik yang paling tinggi.

Kapan waktu terbaik untuk olahraga atau latihan? Ada dua jawabannya. Pertama kalau kita berbicara fat burning berarti waktu terbaik adalah pagi hari. Sementara ketika berbicara olahraga sebagai peningkatan performance atau kinerja, yang terbaik adalah sore hari. Hai ini berhubungannya dengan jam sirkadian secara hormonal.

Terus kalau mau latihan fitnes, mana yang kita dahulukan? Latihan berat dulu atau yang ringan. Misalnya saat latihan kaki, ada dua pendekatan yang kita sebut compound movement dan isolation movement. Compound movement memerlukan lebih dari satu gerakan persendian atau lebih dari satu otot yang terlibat. Misalnya gerakan squat atau leg press. Sementara isolation yang satu persedian atau otot yang terlibat. Seperti leg extension atau leg curl.

“Yang jadi pertanyaan saya adalah, mana yang lebih banyak memerlukan tenaga? Ya tentu saja compound movement sehingga sebaiknya Anda lakukan di awal latihan. Baru kemudian melakukan isolation movement. Apakah bolehkah isolation movement dahulu? Tentu saja boleh karena precision and personalize goal setiap orang berbeda-beda,” tambah pria yang pernah menjadi juara dunia binaraga ini.

Menarik bukan penjelasan Ade Rai ini? Masih banyak yang Ade Rai ungkapkan dalam videonya tentang prinsip-prinsip latihan prioritas ini. Ikuti dan simak terus videonya sampai akhir. [*]

 

—————-——-

Ade RAI

Ade Rai adalah seorang professional bodybuilder yang sudah memiliki pengalaman dalam ajang ajang kompetisi seperti SEA Games dan ASEAN Games. Tidak hanya seorang athlet, ia juga sudah memiliki business di bidang olahraga yaitu Rai Fitness, suatu gym yang memiliki berbagai cabang di Indonesia. Ia juga adalah cofounder dari Rai Institute.

Instagram: @ade_rai

Youtube: Ade Rai

Facebook: @aderaiofficial

You may also like

Bakar Kalorimu Dengan Tabata Workout ini!
7:13
Shiely Vanessa bersama teman-temannya melakukan Tabata Workout dan mengajak kalian ikutan. Sebelum itu, tahu gak sih apa itu Tabata Workout?
Rahasia Membesarkan Bokong ala Shiely Venessa
Bokong indah menjadi impian kalangan perempuan. Ikuti tips gerakan terbaik untuk membesarkan bokong dari Shiely Venessa, seorang self-learned body builder.
Teknik Shoulder Shrug Menguatkan Otot Pundak
Kali ini Ade Rai mengajak kita untuk melatih otot yang jarang mendapat latihan yakni otot pundak. Latihannya dinamakan shoulder shrug.
Umur Panjang Berawal dari Kaki Kuat, Ayo Latih Otot Kaki Anda
Otot kaki merupakan kelompok otot terbesar. Karena itu umur yang panjang berawal dari kaki kuat. Ade Rai membagikan tips latih otot kaki yang tepat.
Bagikan!

Tinggalkan Balasan