Mythbuster: Bawang Putih Bisa Bersihkan Lendir Hidung?

Mythbuster: Bawang Putih Bisa Bersihkan Lendir Hidung?
Memasukkan bawang putih ke hidung menjadi viral/TikTok
  • Trend memasukkan bawang putih ke dalam hidung untuk mengeluarkan lendir jadi viral di TikTok.
  • Sayangnya, dari segi medis, bawang putih tidak memiliki kandungan tertentu yang bisa meredakan hidung tersumbat, malah bisa membahayakan.

noDokter – Hidung tersumbat menjadi salah satu kondisi yang sangat mengganggu aktivitas. Untuk itu, banyak produk ataupun herbal yang dipercaya dapat membersihkan hidung ketika sedang tersumbat.

Salah satu yang kini tengah populer adalah dengan menggunakan bawang putih. Trend ini pertama kali dipopulerkan oleh salah satu influencer TikTok, @laurenwelxn. 

Video trend bawang putih untuk bersihkan hidung menjadi viral/TikTok/@laurenwhelxn

Dari video tersebut terlihat Lauren memasukkan dua bawang putih ke lubang hidung. Ia harus menunggu sekitar 5-10 menit sampai akhirnya mendapatkan hasil yang Ia harapkan.

Setelah itu, ketika Ia mengeluarkan bawang putih dari lubang hidungnya, cairan hidungnya perlahan ikut keluar bersamaan dengan kotoran hidung lainnya.

Bukan hanya dalam jumlah sedikit, lendir yang keluar cukup banyak. Lauren mengaku saluran pernapasannya menjadi semakin plong setelah melakukan trend viral ini.

Video yang tengah diputar sebanyak jutaan kali ini, kemudian banyak diikuti oleh sejumlah netizen. Mereka juga mengaku merasakan efek ‘plong’ yang sama dengan sang pencetak trend.

Namun, dari segi kesehatan, apakah betul bawang putih memiliki kandungan yang dapat mengeluarkan lendir di hidung?

Fakta tentang Bawang Putih untuk Redakan Hidung Tersumbat

Mengutip dari Health, Katie Phillips, seorang asisten profesor spesialis THT di University of Cincinnati College of Medicine menjelaskan bahwa trend ini tidak tepat dari sisi medis. 

“Ketika hidung Anda tersumbat, pastinya Anda memiliki banyak lendir di hidung.” Katie menjelaskan bahwa karena lendir ini pulalah, orang tidak mendapat banyak udara lewat hidungnya. 

“Dan bawang putih tersebut sebenarnya tidak sama sekali membantu mengatasi hidung tersumbat.” Jelasnya. Faktanya, daripada membersihkan saluran hidung, trend ini malah menutup jalan udara masuk ke hidung.

“Jika kita menutup jalur udara di hidung, lendir malah akan semakin banyak.” Inilah sebabnya ketika bawang putih dilepas, lendir yang keluar akan sangat banyak.

Jadi, dalam hal ini, bawang putih sama sekali tidak bekerja dalam meluruhkan lendir di saluran hidung. Bahkan, menutup lubang hidung dengan bawang putih malah bisa menyebabkan iritasi pada selaput lendir.

Terlebih, memasukkan bawang putih ke lubang hidung juga meningkatkan banyak risiko berbahaya. “Anda memasukkan sesuatu ke dalam hidung, ada kemungkinan bisa malah terjebak di sana.” Katie menjelaskan jika hal ini terjadi, tentu akan merusak rongga hidung.

Jika bawang putih terus masuk ke belakang tenggorokan, Anda bisa mengalami masalah pernapasan ataupun bisa tersedak. 

Bukan Pertama Kali Menjadi Trend

Banyak yang menganggap bawang putih adalah herbal untuk hidung tersumbat/Nexcare

Trend menggunakan bawang putih untuk membersihkan saluran hidung, bukan pertama kalinya viral. Sebelumnya, seorang influencer di Instagram, Busy Phillips juga mempopulerkan memasukkan air rebusan bawang putih ke hidungnya.

Sejak viral beberapa tahun lalu, banyak kemudian yang menganggap bahwa bawang putih memang memiliki kandungan yang baik untuk saluran hidung atau bisa membersihkan saluran pernapasan secara keseluruhan.

Dr. Kattie Phillips dengan tegas menjawab bahwa bawang putih tidak sama sekali membantu apa-apa dalam membersihkan saluran pernapasan ataupun yang berhubungan dengan THT.

Ia menambahkan masih banyak cara lain untuk meredakan hidung tersumbat, salah satunya dengan terus membiarkan udara masuk melalui rongga hidung. 

Jadi, sudah jelas ya, kalau bawang putih lebih baik digunakan untuk bahan makanan, bukan untuk membersihkan saluran hidung.

[*]

Sumber: Health

Bagikan!

Tinggalkan Balasan