5 Manfaat Tidur Telanjang Bagi Kesehatan

5 Manfaat Tidur Telanjang Bagi Kesehatan
Tidur telanjang bisa membawa banyak manfaat untuk kesehatan/Pexels
  • Tidur telanjang bisa meningkatkan kualitas tidur yang tentunya sangat bermanfaat mengurangi risiko banyak penyakit.
  • Jika Anda memiliki masalah kesuburan, tidur tanpa busana juga bisa menjadi salah satu jalan keluarnya.

noDokter – Ketika tidur, Anda biasanya mencari kenyamanan dengan memilih outfit khusus beristirahat. Namun, tahukah Anda, bahwa tidur telanjang tanpa busana malah membawa banyak manfaat bagi kesehatan?

Berikut sejumlah manfaat tidur telanjang bagi kesehatan dan kebugaran Anda.

Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Manfaat tidur telanjang yang pertama tentunya membuat tidur Anda lebih nyenyak. Salah satu elemen penting dalam tidur berkualitas adalah pengaturan suhu. 

Ketika kulit terasa panas atau gerah, Anda tidak akan bisa tidur dengan nyaman. Bahkan kemungkinan untuk terbangun ketika memasuki deep-sleep menjadi besar.

Dengan tidur tanpa busana, Anda bisa membuat kulit terjaga suhunya sepanjang malam. Dengan begitu, kualitas tidur akan meningkat dan membuat lelah menghilang.

Selain itu, tidur nyenyak juga memiliki banyak manfaat untuk mencegah penyakit. Salah satunya mengurangi risiko serangan jantung dan diabetes

Bantu Menurunkan Berat Badan

Karena tidur telanjang akan meningkatkan kualitas tidur, ini juga bisa membantu menurunkan berat badan. Mengutip WebMD, orang dewasa yang tidur selama 7 jam per harinya, memiliki risiko rendah terhadap obesitas, dibanding mereka yang tidur hanya 5 jam.

Selain itu, tidur telanjang juga bisa membantu tubuh memproduksi brown fat. Lemak cokelat ini bisa meningkatkan metabolisme tubuh dengan membakar gula darah dan menyimpannya bersama lemak putih.

Lemak cokelat dalam jumlah banyak dalam tubuh sangat efektif untuk membantu menurunkan risiko obesitas.

Mengurangi Racun dalam Tubuh

Ketika tidur, salah satu organ yang bekerja adalah otak yang membersihkan protein-protein berbahaya dalam tubuh. Racun ini bisa meningkatkan risiko penyakit Alzheimer dan beragam jenis demensia lainnya.

Dengan tidur telanjang, Anda akan lebih mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas. Sehingga akan berpengaruh juga terhadap kesehatan otak hingga jangka panjang.

Mengurangi Stress

Salah satu manfaat tidur nyenyak adalah menghilangkan stress dan kelelahan setelah seharian beraktivitas. Tidur tanpa busana juga bisa membuat Anda melepas stress dengan istirahat yang berkualitas.

Anda tidur bersama pasangan? Tidur tanpa baju bersama dengan pasangan juga sangat baik untuk mengurangi stress dan level kecemasan.

Kontak antara kulit Anda dan pasangan bisa memudahkan produksi hormon oksitosin. Hormon yang dikenal sebagai “love hormone” ini bisa membuat suasana hati lebih bahagia.

Meningkatkan Kesuburan

Tidur telanjang juga bisa membantu tingkatkan kualitas dan kuantitas sperma./Unsplash

Manfaat tidur telanjang lainnya adalah bisa meningkatkan kesehatan reproduksi. Untuk pria, tidur tanpa celana dalam bisa meningkatkan kualitas sperma.

Tak hanya itu, produksi sperma juga tidak akan maksimal ketika menggunakan celana dalam yang terlalu ketat. Maka, ketika tidur telanjang, kualitas dan kuantitas sperma bisa meningkat yang juga bisa meningkatkan kesuburan.

Itu dia beragam manfaat tidur tanpa busana yang wajib Anda ketahui. Jika Anda masih memiliki kesulitan untuk tidur nyenyak setiap harinya, mungkin ini saatnya untuk mencoba tidur tanpa busana. Tak hanya fisik yang akan lebih bugar, kondisi mental juga akan lebih sehat ketika tidur Anda berkualitas.

Ingin tahu tips kesehatan lainnya? Cek di sini ya!

Sumber: WebMD

Bagikan!

This Post Has One Comment

  1. Faby

    Saya mau bertanya… jadi tidur tanpa busana, tapi dengan ditutupi selimut kan ya ? Dan jika ruangan ber AC, berapa suhu yg seharusnya kita pasang di AC kamar kita ? Tks

Tinggalkan Balasan