Manfaat Aerial Yoga, Olahraga Favorit Jennie Blackpink

Manfaat Aerial Yoga, Olahraga Favorit Jennie Blackpink
"Yoga Melayang" semakin populer karena Jennie Blackpink/Instagram/@jennierubyjane

noDokter – Aerial yoga atau yoga melayang belakangan banyak orang perbincangkan. Pasalnya, salah satu idola K-pop, yaitu Jennie Blackpink mengklaim olahraga ini sebagai salah satu rutinitas workoutnya.

Tak hanya itu, Ia juga membagikan potret dirinya sedang berlatih variasi yoga ini.

Apa sebenarnya aerial yoga? Apa bedanya dengan yoga biasa? Simak penjelasannya.

Baca Juga: Latihan Stomach Vacuum demi Perut Rata Seperti Artis Korea

Apa Itu Aerial Yoga?

Jennie Blackpink lakukan Aerial Yoga/Instagram/@Jennierubyjane

Jika biasanya pose yoga dilakukan di atas matras, yoga melayang menggunakan selempang yang digantung di langit-langit. Anda akan bergantung pada selempang ini selama sesi latihan.

Selempang gantung ini dapat meningkatkan fleksibilitas dan rentang gerak. Tak hanya itu, selempang yang biasanya terbuat dari kain sutra yang elastis ini juga bisa menghilangkan tekanan dari area tubuh tertentu seperti kepala dan bahu.

Dengan begitu, dalam aerial yoga memungkinkan Anda untuk mencapai pose yang lebih menantang seperti headstand dengan lebih mudah. Walaupun namanya “yoga melayang”, Anda tak sepenuhnya terus menggantung.

Ada banyak pose yoga melayang hanya mengharuskan Anda untuk meletakkan satu bagian tubuh seperti kaki atau tangan di tanah.

Manfaat Aerial Yoga

  • Meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan seluruh tubuh: Gerakan dalam latihan ini adalah jenis latihan untuk seluruh tubuh, sehingga memperkuat semua otot. Selempang gantung itu sendiri memungkinkan Anda untuk melakukan peregangan dan pose lebih dalam, lebih meningkatkan fleksibilitas seluruh tubuh.
  • Meringankan tekanan punggung dan leher: Sejumlah gerakan yoga melayang dapat membantu memperpanjang dan mendekompresi tulang belakang. Hal ini sangat bagus untuk Anda yang duduk atau berdiri sepanjang hari memungkinkan gravitasi membebani tulang belakang.
  • Meningkatkan sirkulasi: Mengingat sifat pose dan pernapasan melalui gerakan, yoga aerial sangat bagus untuk meningkatkan sirkulasi ke seluruh tubuh serta pencernaan.
  • Melatih kekuatan inti: Untuk menjaga stabilitas di seluruh pose yang berbeda, menjaga otot perut tetap aktif selama latihan menjadi kuncinya.
  • Tingkatkan kepercayaan diri dan suasana hati: Posenya yang menantang, akan otomatis meningkatkan ketika berhasil menaklukan gerakannya.
  • Intensitasnya tidak terlalu tinggi: Karena intensitasnya rendah atau tanpa dampak, aerial yoga adalah pilihan yang sangat baik bagi mereka yang ingin menggerakkan tubuh mereka, tetapi mengalami masalah persendian. Dengan gravitasi dan suspensi, memungkinkan Anda menciptakan ruang di tubuh tanpa menekan persendian.

Tonton Tutorial: 5 Menit Gerakan Ringan Pemanasan Sebelum Yoga

Pose-Pose dalam Aerial Yoga

Beberapa pose dalam “yoga melayang”/YouTube/Aerial Yoga Life

Beberapa pose yoga melayang hanya membutuhkan sedikit dukungan dari hammock untuk tujuan keseimbangan. Sementara yang lain mengharuskan Anda untuk menempatkan 100% dari berat badan Anda pada gendongan itu sendiri.

Sebagian besar pose yoga melayang sama seperti pose yoga pada umumnya. Berikut beberapa pose yang bisa Anda lakukan dalam latihan ini:

  1. Vrksasana (pose pohon): Pose ini sangat baik untuk individu dengan pinggul yang kencang dan siapa saja yang mengalami kesulitan dengan rotasi eksternal pinggul. Tubuh Anda ditopang oleh gendongan, menjadikannya variasi postur yang lebih restoratif.
  2. Matsyasana (pose supported fish): Ini adalah pose yang sangat bagus untuk orang-orang dengan kemampuan berbeda, dan ini membuka dada dan membantu mobilitas tulang belakang.
  3. Ardha Kapotasana (pose half pigeon): Kaki bengkok Anda berada di tanah, dan kaki Anda yang lurus berada di gendongan. Pose ini membantu membuka fleksor pinggul.
  4. Supta Konasana (pose inverted star pose): Pose terbalik untuk yang satu ini mungkin cukup menantang, tetapi bermanfaat untuk kekuatan otot seluruh tubuh.
[*]

Sumber: Good Housekeeping, Shape, Instagram

Bagikan!

Tinggalkan Balasan