Latihan Stomach Vacuum demi Perut Rata Seperti Artis Korea

Latihan Stomach Vacuum demi Perut Rata Seperti Artis Korea
Gerakan 'Stomach Vacuum' sering dijadikan latihan para artis korea untuk dapatkan perut rata/Instagram/@lalalalisa_m
  • Walaupun sangat mudah untuk Anda lakukan, gerakan stomach vacuum memiliki banyak manfaat.
  • Anda bisa melakukan latihan ini sambil berdiri tegak ataupun dengan pose cat-cow.

noDokter – Sudah bukan rahasia lagi bahwa sejumlah artis korea memiliki perut rata dan pinggang yang langsing. Tentunya, hal itu mereka dapatkan berkat diet seimbang dan workout yang konsisten. 

Salah satu exercise yang bisa membantu membakar lemak di area perut adalah “stomach vacuum”. Gerakan yang sangat mudah serta praktis membuat latihan ini sangat diminati banyak kalangan, termasuk menjadi rahasia para artis korea.

Apa sebenarnya gerakan vacuum belly ini dan bagaimana cara melakukannya? Kita akan membahasnya lengkap di sini.

Cara Melakukan Gerakan ‘Stomach Vacuum’

Sesuai namanya, gerakan ini mengharuskan Anda memvakum perut ke arah dalam dan menahannya selama beberapa waktu. 

Sebenarnya, latihan ini sudah sering menjadi bagian dari berbagai fitness. Namun, jika Anda mau melakukannya tanpa dibarengi dengan latihan lain juga tidak masalah. 

Mengutip Healthshots, cara mudah melakukan ‘stomach vacuum’ ada dua:

  • Posisi berdiri

Berdiri tegak, kaki rapat, perlahan tarik napas dalam dengan rongga perut. Pastikan perut tertarik ke dalam sedalam mungkin. Tahan selama 30 detik. Lalu hembuskan napas pelan-pelan sambil mengembalikan perut ke bentuk semula.

Pose Cat-Cow juga bisa menjadi posisi saat melakukan ‘stomach vacuum’/pexels

Berlutut dengan bertumpu pada lutut dan kedua telapak tangan yang dibuka selebar bahu. Kemudian tarik napas dalam-dalam sambil menarik otot perut ke arah dalam. Pada posisi ini, punggung perlahan bisa melengkung. Tahan selama 30 detik, lalu hembuskan napas sambil melengkungkan punggung ke arah bawah.

Untuk Anda para pemula yang merasa melakukannya selama 30 detik terlalu sulit, Anda bisa memulainya dengan 10 detik terlebih dahulu. Lakukan gerakan ini setiap hari dan tambahkan waktunya secara perlahan untuk hasil yang maksimal.

Manfaat Gerakan ‘Stomach Vacuum’

Anda mungkin berpikir apa bisa gerakan sesimple ini bermanfaat bagi pembentukan otot perut? Jawabannya tentu saja ya. Walaupun sangat simple dan mudah, gerakan ‘vacuum belly’ bisa membantu membakar lemak perut.

Selain itu, latihan ini bisa mengencangkan otot perut Anda jika dilakukan secara rutin setiap hari. 

Ketika kita memvakum perut dan menahannya selama beberapa saat, otot-otot transversal di area perut menjadi aktif. Otot-otot ini adalah yang terletak di bagian paling dalam di area perut, posisinya di bawah otot oblique. 

Dan, bahkan latihan perut seperti crunches atau sit-up tidak seefektif latihan vacuum belly untuk mengaktifkan otot-otot transversal tersebut.

Otot bagian dalam tersebut sangat membantu dalam mempertahankan postur tubuh, yang bisa kita kontrol dengan menarik napas dalam-dalam. 

Faktanya, menurut studi yang dirilis oleh Archives of Physical Medicine and Rehabilitation, latihan ‘vacuum belly’ bisa membantu menyembuhkan sakit punggung, memperbaiki postur tubuh dan juga perkuat otot-otot yang sering dipakai untuk workout. 

Menurut salah satu pratisi yoga, Grand Master Akhsar, gerakan memvakum perut ini juga bisa menimbulkan panas di dalam tubuh. Panas tubuh inilah yang dapat membantu membakar lemak. 

Latihan ini juga sangat baik untuk kesehatan usus serta bisa membantu melancarkan pencernaan.

Bagaimana? Mudah bukan untuk mendapat perut rata dan juga sehat seperti artis korea? Simak tips fitness lainnya di sini ya!

[*]

Sumber: Healthshots

Bagikan!

Tinggalkan Balasan