Latihan Sit up Rutin Mampu Bakar Lemak di Perut?

Latihan Sit up Rutin Mampu Bakar Lemak di Perut?
  • Sit-up membangun otot-otot perut sehingga memudahkan Anda membakar lebih banyak lemak.
  • Melakukan sit up pada intensitas sedang selama 10 menit tanpa istirahat, dapat membakar 60 kalori.

noDokter – Banyak yang menyebutkan sit up efektif untuk mengecilkan perut. Namun hal itu ternyata tak seluruhnya benar. Sit up tidak hanya mengincar perut saja, tapi juga dapat membantu memangkas lemak yang ada di seluruh bagian di tubuh.

Rajin melakukan olahraga ini juga akan membuat otot di bagian panggul, dada, pinggang bawah dan juga leher menjadi lebih kencang. Anda bisa melakukan latihan di rumah untuk mengencangkan otot-otot tersebut. Selain ringan, olahraga ini juga murah karena tidak membutuhkan biaya yang banyak.

Sit up juga bisa menjadi pilihan yang tepat dalam aktivitas fisik yang menyehatkan, bagi Anda yang memiliki kesibukan luar biasa sehingga tidak ada waktu untuk berolahraga di luar ruangan.

Bakar kalori

Melakukan latihan ini pada intensitas sedang selama 10 menit tanpa istirahat, dapat membakar 60 kalori. Berat Anda punya peran besar untuk itu. Bila berat Anda kurang dari 68 kilogram, Anda akan membakar kalori lebih rendah dari waktu yang ditentukan. Anda akan membakar lebih banyak kalori jika mampu melakukan tujuh kali sit up dalam satu menit.

Agar lebih efektif membakar lemak, dibutuhkan latihan yang ketat dan disiplin yang besar. Termasuk menyeimbangkan dengan latihan lainnya. Jadi, jika ingin menyingkirkan lemak dari perut, hal pertama yang harus memasukkan lunges (gerakan berlutut dengan satu kaki secara bergantian), leg raises (sit-up sambil mengangkat kaki), serta twist crunches and reverse crunches (sit-up dengan mengarahkan badan ke kiri dan ke kanan saat bangun) di dalam olahraga Anda.

Kegunaan lain dari sit up membantu Anda membangun otot-otot perut. Memiliki otot memudahkan Anda membakar lebih banyak lemak. Otot perut akan mengencangkan perut, yang dapat memberikan Anda tampilan yang sedap dipandang.

Hanya saja, jangan terlalu memaksa kemampuan Anda untuk menghindari otot tubuh menjadi rusak. Gerakan yang Anda lakukan itu harus benar dan tepat. Cara melakukan sit up dengan baik dan benar adalah berbaring terlebih dahulu. Lalu tekuk lutut dan posisi kaki menapak di lantai, supaya tubuh pun tetap stabil dan seimbang.

Mulailah secara bertahap dan meningkatkan terus repetisi setiap kali latihan. Jangan lupa melakukan pemanasan. Dengan melakukan sit up secara rutin, maka manfaatnya untuk kesehatan akan jauh lebih maksimal. [*]

Foto: Cloudinary

Bagikan!

Tinggalkan Balasan