Ini Persiapan Latihan Bela Diri di Rumah

Admin 22 Okt 2020 23:16
header-img
  • Bela diri tak perlu harus berlatih di studio atau dojo, tapi juga bisa memulainya dari rumah.
  • Berlatih bela diri di rumah bisa menjadi latihan untuk menguasai teknik dasar bela diri.

noDokter – Situasi pandemi yang belum usai, masih membatasi gerak kita untuk berkumpul bagi sebagian orang. Termasuk untuk berlatih bela diri. Meski begitu, bukan berarti kita diam saja. Jika sudah tak sabar ingin segera mempelajari teknik dasar bela diri, kita bisa latihan bela diri di rumah.

Memulai latihan bela diri di rumah tidak berarti menutup kemungkinan berlatih ke kelas atau studio bela diri. Jika ingin mendapatkan kemajuan lebih cepat, tentu kita belajar dari ahlinya. Tanpa guru yang sudah berpengalaman, kita tidak akan maksimal menguasai teknik bela diri.

Latihan bela diri di rumah jadi pilihan untuk kita yang ingin menguasai teknik dasar bela diri. Kita akan lebih fokus berlatih, dengan panduan dan mencari olahraga bela diri apa yang cocok untuk kita?

Pilihan Bela Diri

Ada banyak latihan bela diri yang bisa Anda lakukan di rumah, Tai Chi salah satunya. Seni bela diri ini sangat fokus pada latihan untuk diri sendiri. Tidak ada sparring dalam Tai Chi, sehingga ideal untuk berlatih sendiri. Tentu kita juga harus berdiskusi pada ahlinya untuk memastikan kita mempelajari teknik yang tepat.

Selain Tai Chi, Cardio Kickboxing juga bisa Anda pelajari di rumah. Ini memang bukan kickboxing biasa, karena gerakan latihannya lebih banyak membakar kalori kita. Selain itu ada juga seni pertahanan diri Krav Maga, yang mengajarkan metode efektif untuk melindungi diri dari penyerang.

Untuk menguasai teknik bela diri dengan berlatih di rumah sejatinya tak ada batasan waktu khusus. Tergantung seberapa cepat kita ingin menguasai tekniknya. Tapi biasanya, dalam setiap kali berlatih membutuhkan 45-60 menit, dalam 1-2 kali dalam seminggu. Untuk tingkat dasar, pendiri Way of Ninja merekomendasikan 29 jam latihan. Jadi jika kita berlatih satu jam per minggu, berarti butuh 3-4 bulan untuk menguasai teknik dasar.

Meski berlatih sendiri di rumah, bukan berarti kita tak butuh persiapan lain. Ada beberapa alat yang sebaiknya Anda gunakan, misalnya samsak atau boneka gulat. Selain itu, gunakan pakaian bela diri yang nyaman untuk meningkatkan semangat kita dalam latihan bela diri di rumah.

Lantas, di mana kita bisa memulai? Kita bisa mulai latihan bela diri hanya dengan satu kali klik, salah satunya melalui Global Martial Arts University. Kita tinggal masuk ke websitenya di http://globalmartialarts.university untuk mendaftar, kemudian pilih seni bela diri yang ingin Anda kuasai. Jika berhasil, kita akan mulai latihan melalui modul, di antaranya berupa video pelatihan yang mudah.

Untuk tahap awal, belajar bela diri di rumah agar kita menguasai teknik dasar bela diri boleh dibilang sudah cukup memadai. Jika ingin teknik yang benar bisa dilanjutkan ke studio bela diri. Tertarik? (*)

Photo by Thao Le Hoang on Unsplash


Apakah artikel ini membantu anda?

Kami menggunakan cookie untuk memastikan bahwa kami memberikan pengalaman terbaik untuk Anda.
Jika Anda terus menggunakan situs ini, kami akan menganggap Anda menyukai website ini.