Ini Perlengkapan Wajib Pesepeda Agar Aman dan Nyaman

Admin 05 Feb 2021 09:14
header-img
  • Helm mencegah cidera fatal pada kepala akibat kecelakaan. Benda ini harus selalu dipakai saat gowes baik itu perjalanan jauh atau dekat.
  • Para pesepeda seringkali menggunakan pakaian seadanya. Sebaiknya gunakanlah bahan kaos berpori yang bisa menyerap keringat.

noDokter – Bersepeda tak hanya butuh persiapan fisik tetapi juga perlengkapan sepeda. Seringkali perlengkapan wajib pesepeda ini penting menunjang keselamatan dan kenyamanan Anda saat di jalan.

Ada beberapa benda-benda pelengkap wajib pesepeda yang harus dimiliki sebelum memutuskan untuk gowes di jalan raya. Apa saja?

1. Helm

Pelindung kepala khusus bersepeda adalah perlengkapan nomor satu saat bersepeda. Helm mencegah cidera fatal pada kepala akibat kecelakaan. Benda ini harus selalu dipakai saat gowes baik itu perjalanan jauh atau dekat. Pilihlah helm yang tebal dan melindungi bagian kepala hingga bagian belakang serta ukuran yang sesuai dengan kepala.

2. Sarung Tangan

Peralatan lain yang juga sangat penting adalah sarung tangan. Benda ini akan memberikan kenyamanan dan perlindungan pada tangan terutama saat bersepeda jarak jauh, melindungi permukaan tangan saat terjatuh, menambah daya cengkeram pada setang, dan menghangatkan tangan.

3. Botol Minum

Bersepeda seringkali melelahkan. Apalagi di hari yang panas, tingkat kelelahan akan berlipat ganda. Tubuh akan mengeluarkan keringat yang banyak sehingga butuh cairan agar tetap terhidrasi. Karena itu bawa selalu botol minuman jika bersepeda daripada harus singgah di warung atau minimarket. Pilih botol dengan bahan yang kuat dan ringan.

4. Lampu

Lampu belakang penting untuk keamanan keselamatan apalagi pada malam hari. Biasanya lampu belakang berwarna merah dan dipasang pada seat post atau di bawah sadel. Lampu bisa berbentuk flasher yang bisa diatur kedipnya dengan bertenaga baterai ataupun di charge menggunakan kabel USB.

Perlengkapan lain yakni lampu depan yang juga perlu dan akan sangat membantu ketika bersepeda pada malam atau menjelang malam hari. Biasanya lampu depan berwarna putih dan akan membantu mengenali sepeda untuk pengendara lain dari arah berlawanan.

5. Bel Sepeda

Bel sepeda penting untuk keselamatandiri. Dengan bel, Anda bisa memberi tahu orang-orang sekitar bahwa sepeda bermaksud ingin lewat. Pasang bel sepeda di dekat tangan kamu supaya mudah terjangkau dengan jari yang sedang memegang stang.

6. Kacamata

Kacamata penting saat Anda berada di atas sadel dan mengayuh sepeda. Walaupun kecepatan sepeda adalah jauh di bawah kecepatan motor, tapi dalam kecepatan rendah pun angin, debu, atau serangga bisa sangat mengganggu pandangan dan merusak konsentrasi. Selain itu kacamata juga dapat melindungi mata dari sinar matahari yang bisa merusak mata.

7. Jersey

Para pesepeda seringkali menggunakan pakaian seadanya. Atau memakai jaket sweater di siang bolong. Sebaiknya gunakanlah bahan pakaian atau kaos berpori yang bisa dengan cepat menyerap keringat. Bahan ini biasanya disebut dengan bahan Quick Dry atau Dryfit yang memang dikhususkan untuk aktivitas olahraga.

8. Sepatu

Penggunaan sepatu bisa meningkatkan performance karena efisiensi tenaga. Ada banyak pilihan sepatu sepeda seperti cleated bike shoes dengan teknologi terbaru memiliki semacam gerigi yang bisa mencengkeram atau dikaitkan dengan pedal khusus.

Kebiasaan para goweser pemula adalah sering kali memakai alas kaki seadanya (sandal jepit). Pakailah sepatu dan kaos kaki jika ingin memulai petualanganmu. Jangan pakai sandal jepit. Selain tidak enak dilihat, ini juga tidak safety.

9. Celana Pendek

Celana sepeda juga punya bantalan di bagian pinggul agar tetap nyaman biarpun lama-lama duduk di atas sepeda. Bike short yang baik tidak memiliki jahitan di bagian kelangkang dan beberapa memiliki alas khusus untuk mengurangi gesekan dan ketidaknyamanan. Bahan celana harus lentur mengikuti gerakan Anda dan tidak telipat saat bersepeda. [*]

Foto: Shutterstock


Apakah artikel ini membantu anda?

Kami menggunakan cookie untuk memastikan bahwa kami memberikan pengalaman terbaik untuk Anda.
Jika Anda terus menggunakan situs ini, kami akan menganggap Anda menyukai website ini.