Ini Cara Mempertahankan Diri dari Serangan Pisau

Ini Cara Mempertahankan Diri dari Serangan Pisau
  • Anda harus tetap tenang gerakan sekecil apa pun bisa membuatnya terkejut dan bertindak lebih kejam.
  • Jika Anda berani dan mengetahui teknik bela diri, lawanlah. Jaga agar sisi pisau ke arah luar dari tubuh Anda.

noDokter – Tingkat kejahatan yang masih tinggi dan tidak mengenal siapa Anda dan di mana Anda berada. Tak segan-segan para kriminal ini mengancam dengan senjata tajam seperti pisau. Ada baiknya Anda pun siap untuk mempertahankan diri dari serangan pisau.

Di tangan orang tak bertanggung jawab, pisau bisa menyebabkan cedera parah bahkan kematian. Jika menghadapi serangan pisau, Anda harus tetap tenang, bersikap rasional, dan mempertahankan diri jika perlu.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mempertahankan diri dari serangan pisau dari beberapa sumber.

1. Redam Ketegangan Situasi

Tetaplah tenang. Anda harus tetap tenang jika penyerang mendekati Anda. Gerakan sekecil apa pun atau gerakan mendadak bisa membuatnya terkejut dan mendorongnya bertindak lebih kejam. Tarik napas dalam-dalam saat Anda saling mengevaluasi agar tetap tenang dan fokus.

2. Tanyakan Keinginan Pelaku

Tanyakan mengapa dia menyerang Anda dan apa yang bisa Anda lakukan untuk menghindari konfrontasi. Penyerang akan meminta barang berharga jika dia seorang perampok. Situasi ini akan lebih mudah diatasi. Anda hanya perlu menyerahkan semua barang yang dia minta.

Mungkin sulit untuk berpisah dengan barang berharga milik Anda, tetapi tindakan itu sepadan jika dibandingkan dengan nyawa Anda. Ponsel dan perhiasan bisa diganti, sementara nyawa dan kesehatan Anda tidak ada cadangannya.

Jika sikapnya sangat menakutkan atau mengancam, mungkin mengajaknya berbicara bukan pilihan efektif, tetapi tidak ada salahnya mencoba. Jika orang itu terlihat tidak stabil secara mental atau di bawah pengaruh zat terlarang, mungkin akan terlalu sulit bagi Anda untuk berunding dengannya.

Sering kali orang seperti ini termasuk penyerang yang paling berbahaya karena sangat sulit memprediksi tindakan yang akan dia lakukan. Cobalah untuk berbicara dengannya dengan suara yang tenang dan lembut sambil tetap menjaga jarak yang aman.

3. Angkat Tangan

Jika penyerang menghampiri dengan pisau, angkat tangan Anda dengan telapak tangan menghadap penyerang. Ini menunjukkan kepada penyerang bahwa Anda tidak akan melawan tetapi posisi ini juga mempersiapkan Anda untuk memukul atau melawan.

4. Meminta Pertolongan

Jika Anda berada di tempat umum dan orang lain bisa membantu, berteriaklah untuk meminta pertolongan. Sering kali, orang-orang di jalan atau di tempat parkir tidak menyadari bahwa Anda dalam masalah, kecuali Anda memberi tahu mereka. Teriakkan “Berhenti!” atau “Tolong!” Gunakan suara Anda sedemikian rupa sehingga orang lain mengetahui bahwa Anda dalam bahaya dan seseorang akan datang membantu. Ini sebagai bagian dari mempertahankan diri dari serangan pisau.

5. Berusaha Kabur

Cara terbaik untuk mempertahankan diri dari serangan pisau adalah melarikan diri. Bahkan jika Anda menguasai teknik bela diri untuk melucuti senjata lawan atau Anda memiliki kekuatan fisik yang besar, pisau tetap merupakan senjata yang tidak dapat diprediksi dan mematikan. Melarikan diri mungkin terkesan pengecut, tetapi itu pilihan terbaik untuk bertahan hidup.

6. Teknik Melawan

Ilustrasi/Getty Images

Jika Anda memiliki keberanian dan mengetahui teknik bela diri, Anda bisa mempertahankan diri dari serangan pisau atau melawannya. Ada banyak cara penjahat dengan pisau untuk menyerang seseorang. Dengan semua taktik bela diri Anda, Anda harus berusaha menjaga gerakan tetap sederhana. Jadi Anda bisa menerapkan pertahanan yang sama yang akan Anda gunakan untuk memblokir pukulan.

Tangkap pergelangan tangan dan jaga agar sisi pisau tetap ke arah luar dari tubuh Anda. Pastikan Anda menekuk pinggang untuk menjaga jarak antara pisau dan tubuh Anda. “Tangkap” lengan pisau dan angkat ke atas dada untuk kontrol penuh. Menjaga senjata dalam kontrol ketat adalah yang paling penting.

Bawa tangan Anda yang lain ke sisi leher penyerang dan pegang apa pun yang Anda bisa, termasuk pakaian atau kulit. Jaga siku Anda agar penyerang tidak bisa mendekat. Lemparkan pukulan lutut, tendangan pangkal paha dan bahkan kepala puntung untuk menaklukkan penyerang.

Tetaplah menyerang sampai Anda menemukan peluang untuk melarikan diri dengan aman atau orang tersebut tidak lagi menjadi ancaman. Jika pisau jatuh dari tangan mereka, terus lakukan kerusakan sampai Anda merasa aman untuk mengambil pisau. Ingat: Ketika sampai pada serangan pisau, satu kesalahan bisa berakibat fatal. Dibutuhkan banyak latihan untuk menyempurnakan gerakan, terutama di bawah tekanan. [*]

Bagikan!

Tinggalkan Balasan