Hindari Peregangan Ini, Buruk Bagi Tulang dan Otot

Hindari Peregangan Ini, Buruk Bagi Tulang dan Otot
  • Beberapa peregangan dapat menurunkan kinerja dan memberikan tekanan yang tidak perlu pada tulang dan otot.
  • Daripada membahayakan tujuan kebugaran Anda, yang terbaik adalah melewatkan latihan peregangan ini.

noDokter – Seringkali orang melupakan peregangan sebelum olahraga. Setiap latihan rutin rasanya tidak lengkap tanpa sesi peregangan yang baik. Peregangan baik untuk meningkatkan mobilitas dan mengurangi risiko cedera. Namun Anda juga sebaiknya hindari peregangan yang malah buruk bagi tubuh Anda.

Ya, tidak semua latihan peregangan bermanfaat seperti yang kita yakini. Beberapa peregangan harus kita hindari karena dapat menurunkan tingkat kinerja dan memberikan tekanan yang tidak perlu pada tulang dan otot. Jadi, daripada membahayakan tujuan kebugaran Anda, yang terbaik adalah hindari peregangan ini.

Berikut 5 gerakan yang bisa Anda hindari menurut TimesofIndia.

​Peregangan Betis

Peregangan betis memang normal kita lakukan. Bahkan jika tidak berolahraga, Anda bisa bersandar di dinding dan meregangkan betis untuk melenturkan otot. Tapi gerakan ini tidak benar-benar mengendurkan otot yang tegang, melainkan meregangkannya, menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Meregangkan betis Anda ke dinding dapat melukai lengkungan dan fasia plantar Anda. Jika melakukannya sebelum latihan kaki, mungkin bisa saja tidak dapat menyelesaikan rutinitas latihan Anda.

Foto: iStockphoto

​Peregangan Balistik

Dalam peregangan balistik, seseorang harus menekuk batang tubuh dan menjangkau jari-jari kaki mereka dalam posisi berdiri. Peregangan khusus ini bisa berbahaya bagi tubuh dalam lebih dari satu cara. Membungkuk ke depan dapat meregangkan otot punggung dan membatasi rentang gerak Anda. Selain itu, ini dapat meningkatkan risiko cedera dan memberi tekanan pada persendian Anda.

Peregangan Duduk

Peregangan duduk dan menjangkau jari-jari kaku adalah aktivitas peregangan dasar yang bahkan pemula pun akan terbiasa. Ini sering kali merupakan peregangan pertama yang kita semua pelajari. Peregangan ini memang dapat melenturkan otot-otot Anda dari kepala hingga kaki. Tapi jujur, melakukannya sebelum sesi lari bisa merusak kinerja Anda. Sit-and-reach dapat melukai hamstring, sehingga menyulitkan Anda untuk menempuh jarak yang lebih jauh. Selain itu, menekuk tubuh Anda juga dapat meregangkan saraf di belakang lutut, yang menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Peregangan Punggung Bahu

Peregangan punggung bahu adalah peregangan di mana Anda menyatukan kedua tangan di belakang untuk meregangkan otot-otot. Menurut para ahli, latihan peregangan ini sebenarnya dapat mempersingkat otot dada Anda yang sudah pendek dan memperpanjang otot punggung Anda yang sudah kewalahan. Ini dapat berkontribusi pada masalah bahu bungkuk dan ketegangan otot.

Peregangan Gawang

Peregangan ini juga merupakan latihan peregangan kaki di mana Anda harus menekuk satu kaki dan menjangkau kaki lurus lainnya. Menurut para ahli, menekuk kaki belakang dalam posisi canggung dapat menyebabkan nyeri sendi dan otot. Ini juga dapat memberikan tekanan berlebihan pada persendian dan otot Anda. Gerakan peregangan sangat berbahaya bagi mereka yang sudah berurusan dengan masalah lutut. Bisa juga Anda mengalami masalah sendi. [*]

Bagikan!

Tinggalkan Balasan