Hindari Kebiasaan Buruk Setelah Bersepeda Ini

Hindari Kebiasaan Buruk Setelah Bersepeda Ini
Ilustrasi/Newzealand.com
  • Pakaian basah karena keringat berdampak buruk bagi tubuh, segera ganti setelah selesai perjalanan.
  • Langsung duduk usai bersepeda menyebabkan peredaran darah tidak lancar sehingga asam laktat menumpuk.

noDokter – Bersepeda memang menyenangkan dan membuat badan sehat. Namun ada beberapa kebiasaan buruk setelah bersepeda yang harus Anda hindari agar mendapatkan manfaat maksimal dari sesi latihan bersepeda Anda.

Kebiasaan-kebiasaan ini seringkali tanpa Anda sadari. Mulai saat ini Anda harus menghentikan kebiasaan ini. Apa saja? Yuk simak.

1. Tetap Memakai Pakaian Basah

Setelah bersepeda seringkali baju Anda basah dengan keringat. Apalagi jika selama Anda bersepeda kehujanan sehingga basah kuyup. Hindari kebiasaan buruk setelah bersepeda ini dan segera ganti dengan pakaian kering untuk minimalkan risiko sakit. Pakaian basah bisa berdampak buruk bagi kulit Anda bahkan dalam cuaca yang lebih hangat, jadi biasakan untuk segera berganti pakaian setelah setiap perjalanan.

2. Kurang Minum

Hal penting lainnya yang harus selalu Anda ingat adalah melembabkan saat Anda menyelesaikan perjalanan. Ini berlaku bahkan jika Anda minum selama bersepeda. Setiap sesi latihan membuat tubuh Anda dehidrasi sampai tingkat tertentu. Jadi, ketika Anda kembali dari perjalanan, pastikan untuk tetap minum. Minumlah dalam jumlah yang sesuai.

3. Makan Berlebihan

Ilustrasi/Getty Images

Ini mungkin kebiasaan buruk setelah bersepeda yang paling umum. Banyak pengendara sepeda berpikir bahwa setiap sesi latihan adalah alasan yang baik untuk makan makanan dalam jumlah banyak. Anda tentu tidak memerlukan makanan pemulihan khusus atau porsi ganda untuk sesi latihan singkat atau ringan. Bahkan latihan yang berat pun tidak mengharuskan makan berlebihan.

Jika Anda mengalami sesi berat dalam dua hari berturut-turut atau bahkan dua dalam satu hari, targetkan 30-90 gram karbohidrat dan 10-30 gram protein dalam minuman pemulihan. Anda bisa melanjutkan diet biasa setelah itu. Penting untuk tidak mengaitkan makan berlebihan atau junk food dengan sesi latihan keras. Tidak hanya tidak perlu dari sudut pandang kalori bahkan bisa menjadi masalah untuk menjaga berat badan yang sehat.

4. Langsung Duduk

Ilustrasi/Freepik

Wajar untuk ingin istirahat setelah perjalanan yang berat. Tetapi jika Anda kemudian bersantai di sofa, Anda pasti akan merasa sangat kaku dan lesu. Setelah berolahraga, terjadi peningkatan produksi asam laktat dalam darah. Duduk menyebabkan peredaran darah tidak lancar, sehingga terjadi penumpukan asam laktat. Sebaiknya lakukan pendinginan dengan berdiri dan berjalan-jalan sejenak.

Jangan juga melakukan aktivitas berat lainnya pada hari yang sama yang akan menghambat pemulihan setelah berolahraga. Hal terbaik adalah melakukan aktivitas ringan sepanjang hari. Berjalan, melakukan pekerjaan ringan di sekitar rumah, atau latihan silang ringan adalah pilihan yang baik.

5. Mandi

Mandi memang menyegarkan apalagi setelah kepanasan selama bersepeda. Namun kebiasaan buruk setelah bersepeda ini tidak Anda lakukan. Mengguyur air saat tubuh masih berkeringat dan panas, dapat menurunkan suhu secara mendadak. Kondisi ini bisa bikin irama jantung melambat dengan tiba-tiba.

Padahal, setelah olahraga, ritme jantung harus tetap di atas normal untuk memompa darah yang berisi nutrisi dan oksigen ke seluruh otot tubuh yang baru saja bekerja keras. Karena itu, kamu perlu menurunkan suhu tubuh dulu sekitar 15 hingga 20 menit, baru kamu bisa mandi dan membersihkan diri.[*]

Bagikan!

Tinggalkan Balasan