Lari atau Jogging di Tempat Bisa Hilangkan Lemak di Perut

Lari atau Jogging di Tempat Bisa Hilangkan Lemak di Perut
Ilustrasi/Bigstockphoto
  • Jika Anda tidak memiliki treadmill atau tidak bisa keluar rumah, jogging atau lari di tempat bisa menjadi alternatif sangat baik.
  • Ini adalah latihan kardio efektif untuk meningkatkan kapasitas paru-paru dan membuat jantung lebih kuat.

noDokter – Lari atau jogging dianggap cara efektif untuk membakar kalori. Tetapi kebanyakan orang tak memiliki waktu atau malas untuk berolahraga di lapangan atau di luar rumah. Anda pernah mencoba untuk melakukan jogging atau lari di tempat? Efektifkah?

Berlari di tempat sebagian besar merupakan bagian dari sesi pemanasan yang lebih sering diikuti dengan rutinitas olahraga yang intens. Baik lari di luar maupun di tempat memiliki manfaat kesehatan yang berbeda karena Anda menggunakan otot dan gerakan yang berbeda untuk keduanya. Saat berlari di tempat, otot-otot yang mendorong Anda untuk bergerak maju tidak bergerak.

Latihan ini akan membantu Anda memperkuat pergelangan kaki dan kaki bagian bawah. Lalu bagaimana efektivitas lari atau jogging? Apakah benar gerakan seperti ini mampu membakar lebih banyak kalori dan berefek sangat bagi bagi pengurangan berat badan?

Ternyata, jogging di tempat bisa jadi cara efektif untuk membakar kalori. Artinya bisa menurunkan lemak di perut dan mengurangi berat badan. Jika Anda tidak memiliki treadmill atau tidak bisa keluar karena cuaca buruk, jogging di tempat bisa menjadi alternatif sangat baik.

Ini adalah latihan kardio yang efektif untuk meningkatkan kapasitas paru-paru dan membuat jantung Anda lebih kuat. Tak aneh jika Pusat Kesehatan Universitas Connecticut menilai jogging di tempat sebagai aktivitas berenergi tinggi, seperti lompat tali.

Berapa Kalori yang Bisa Anda Bakar

Jika melakukan latihan ini untuk menurunkan berat badan, Anda harus berhati-hati dengan intensitas yang Anda lakukan. Mengingat latihan ini akan memompa jantung dan menantang diri Anda sendiri untuk membakar banyak kalori. Saat dilakukan dengan intensitas tinggi, seseorang dengan berat badan 70 kilogram bisa membakar 563 kalori dalam satu jam.

Cara Jogging di Tempat yang Benar

Seperti latihan lainnya, penting untuk berhati-hati dengan bentuk tubuh Anda saat melakukan latihan ini. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk memaksimalkan manfaat latihan ini versi TimesofIndia.

  • Langkah 1: Berdiri tegak dengan kaki selebar bahu satu sama lain. Jaga agar tulang punggung Anda tetap netral dan lihat ke arah cakrawala.
  • Langkah 2: Tarik lutut kiri ke atas (setinggi pinggul), lalu mendarat perlahan di atas telapak kaki.
  • Langkah 3: Segera setelah kaki Anda menyentuh lantai, angkat kaki lainnya. Ulangi hal yang sama selama 5-10 menit.

Tindakan Pencegahan

Berikut adalah beberapa tindakan pengamanan yang perlu Anda ikuti untuk menghindari segala jenis cedera.

  • Jangan lupa lakukan senam pemanasan sebelum latihan untuk meningkatkan detak jantung Anda. Cooldown di akhir untuk mengembalikan detak jantung Anda ke normal.
  • Regangkan otot paha belakang, betis, pinggul dan paha Anda dengan benar sebelum berolahraga.
  • Mulailah dengan perlahan dan kemudian tingkatkan intensitas Anda secara bertahap.
  • Libatkan lengan Anda saat melakukan joging di tempat untuk membakar lebih banyak kalori. [*]
Bagikan!

Tinggalkan Balasan