Cara Efektif Anda Tetap Waras Saat Pandemi

Cara Efektif Anda Tetap Waras Saat Pandemi
Ilustrasi/GettyImages
  • Kecemasan akibat pandemi itu nyata dan tidak mungkin Anda bisa menghindarinya.
  • Saatnya fokus pada hal-hal dan aktivitas yang Anda sukai yang selama ini mungkin memaksa mengabaikan hobi.

noDokter – Sejak awal Covid-19 merebak, orang-orang telah mengalami ketakutan dan kecemasan yang luar biasa. Virus ini tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik, tetapi juga mengganggu kesejahteraan mental. Bagaimana Anda menjaga agar tetap waras selama pandemi.

Di masa-masa sulit seperti itu, sementara beberapa berjuang untuk bertahan hidup, yang lain berada di jurang keputusasaan. Berikut adalah beberapa cara agar Anda tetap waras dan melewati pandemi ini.

1. Akui Ketakutanmu dan Jangan Menekan Emosimu

Kecemasan akibat pandemi itu nyata dan tidak mungkin Anda bisa menghindarinya. Semakin Anda mengabaikannya atau mencoba menghindarinya, pikiran akan semakin bermasalah dan stres. Daripada menepis ketakutan dan rasa tidak aman, akui emosi negatif Anda dan temukan solusinya. Bicaralah dengan orang yang Anda cintai atau seseorang yang sangat Anda percayai dan cobalah untuk mengatasi situasi tersebut.

2. Sibukkan Diri dan Periksa Teman dan Keluarga

Pandemi telah mengubah jadwal, mata pencaharian, dan hampir mengunci kita di dalam rumah. Sementara beberapa mulai merasakan tekanan bekerja dari rumah, yang lain kehilangan jejak aktivitas sehari-hari dan terus menanggung derita tanpa tujuan. Juga, periksa orang yang Anda cintai dari waktu ke waktu, karena COVID-19 telah memengaruhi semua orang secara setara.

3. Atur dan Rencanakan Hari Secara Efisien

Jika Anda ingin merasa baik, produktif, dan ingin tetap waras selama pandemi ini, merencanakan dan mengatur hari Anda ke depan sangat penting. Menjadi terorganisir memberi Anda tujuan. Anda menyadari apa yang perlu Anda lakukan dan tujuan yang harus tercapai, yang akan membuat Anda dan pikiran Anda sibuk.

4. Investasikan Kesehatan Anda

Satu hal yang diajarkan Covid-19 kepada kita adalah menjaga kesehatan. Mengingat bahwa orang dengan komorbiditas lebih rentan, kesehatan fisik kita layak mendapatkan semua dukungan yang bisa didapat. Memberikan diri fisik Anda dengan semua perawatan yang dibutuhkan secara otomatis akan mengurangi tingkat stres dalam diri Anda, terutama selama krisis COVID ini. Fokus menjaga keseimbangan antara keduanya agar tetap waras dan sehat.

5. Lakukan Aktivitas Berbeda atau Lakukan Hobi

Sekaranglah waktunya untuk fokus pada hal-hal dan aktivitas yang Anda sukai. Hiruk pikuk pandemi mungkin memaksa Anda untuk mengabaikan hobi. Namun, dengan semua waktu di tangan Anda sekarang, jangan tinggal diam. Melainkan mulailah mengikuti impian Anda. Apakah itu membaca buku atau menguasai seni memasak atau hanya sesuatu yang sederhana, Anda harus mengambil sesuatu yang menghibur dan menenangkan.

6. Menahan Diri dari Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Meskipun ada banyak hal yang harus Anda lakukan, beberapa kebiasaan harus Anda hindari. Merokok, minum dan penyalahgunaan obat-obatan selama masa kritis ini harus Anda hindari bagaimanapun caranya. Mengingat stres dan kecemasan yang sudah ada, kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat dapat menambah kesengsaraan Anda. Anda mungkin berpikir itu menghibur dan membantu melewati kesengsaraan Anda. Namun pada kenyataannya, semua itu membingungkan Anda dan membuat Anda lebih rentan. [*]

Bagikan!

Tinggalkan Balasan