Anda Sulit Mengingat Nama Orang? Ini Mungkin Penyebabnya

Admin 22 Jan 2022 10:57
header-img
  • Penelitian baru mengungkapkan bahwa tidur berkualitas meningkatkan kekuatan otak kita.
  • Gangguan tidur yang sering di malam hari mungkin dapat menyebangkan menurunkan daya ingat.

noDokter - Bagi banyak orang, mengingat nama dan wajah, terutama orang yang sudah lama tidak kita temu, bisa sangat menyulitkan. Anda pernah sulit mengingat nama orang? Ternyata kondisi seperti ini ada hubungan dengan kualitas tidur Anda.

Penelitian baru mengungkapkan bahwa menangkap tidur berkualitas meningkatkan kekuatan otak kita. Kemudian pada gilirannya membantu kita yang sering sulit mengingat nama dan wajah dengan lebih mudah.

Hubungan Tidur Nyenyak dengan Memori

Dalam sebuah studi baru yang terbit di NPJ: Science of Learning, para peneliti dari Cognitive Neuroscience Program di Northwestern University berteori bahwa mengaktifkan memori saat tidur meningkatkan kemampuan seseorang untuk mengingat wajah dan nama. Untuk menguji teori ini, mereka merekrut 24 peserta berusia antara 18 dan 31 tahun.

Para peneliti meminta peserta mempelajari nama dan foto 40 orang dari kelas sejarah Amerika Latin dan 40 lainnya dari kelas sejarah Jepang. Selama proses tersebut, tim memainkan musik lembut sebagai back sound.

Setelah mempelajari 80 nama dan wajah ini, peserta kemudian tidur siang. Ketika mereka mencapai kondisi tidur nyenyak, beberapa nama dan musik lembut sebagai backsound dimainkan. Ketika mereka bangun, mereka diuji kemampuannya untuk mengingat nama-nama orang yang pernah mereka lihat.

Hasil Penelitian

Hasilnya seperti yang para peneliti harapkan. Peneliti menemukan, peserta yang ingatannya diaktifkan kembali saat tidur lebih baik dalam mengingat nama dan wajah yang telah mereka pelajari. Namun, tim tidak menyadari betapa pentingnya tidur nyenyak untuk proses itu. Subjek yang mengalami gangguan tidur, mengalami kesulitan untuk menyebutkan nama pada wajah. Gangguan tidur terjadi setelah beberapa partisipan terbangun ketika mendengar isyarat nama yang diucapkan.

Sebaliknya, subjek yang istirahat tanpa gangguan lebih mampu mengingat nama setelah bangun. "Kita sudah tahu bahwa beberapa gangguan tidur seperti apnea dapat merusak memori," ungkap penulis utama studi Nathan Whitmore. "Penelitian kami menunjukkan penjelasan potensial bahwa gangguan tidur yang sering di malam hari mungkin menurunkan daya ingat."

Ini menunjukkan bahwa tidur membantu kita mengisi ulang otak sehingga dapat tetap waspada di siang hari. Jika kita tidak cukup menutup mata, akan lebih sulit untuk fokus dan benar-benar menyerap informasi penting seperti nama seseorang. Untungnya, memperbaiki pola tidur Anda mungkin lebih mudah dari yang Anda kira.

Tips Tidur Tanpa Gangguan

Jika Anda sulit tidur di malam hari, atau sering bangun, Anda bisa mencoba beberapa trik yang dapat membantu. Sehingga Anda bisa mendapatkan tidur berkualitas tujuh hingga delapan jam sesuai rekomendasi ahli kesehatan. Sementara jika Anda mengalami insomnia, ada baiknya berbicara dengan akhlinya tentang penyebab Anda sulit tidur dan bagaimana mengatasinya.

Menambahkan makanan seperti biji rami, pistachio, dan kiwi ke dalam diet Anda dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Hal ini makanan-makanan ini kaya akan hormon yang disebut melatonin. Hormon ini berfungsi untuk mengontrol siklus tidur-bangun Anda sehingga tubuh dapat beristirahat sesuai kebutuhan. Pastikan pula untuk menghindari ngemil malam hari di tempat tidur.

Secangkir teh panas adalah minuman favorit bagi banyak orang, tetapi minum segelas air dengan sedikit garam laut 30 menit sebelum tidur sama efektifnya sebagai bantuan tidur. Kombinasi garam dan air ini memungkinkan tubuh Anda menyerap lebih banyak cairan, jadi Anda tidak perlu pergi ke kamar mandi di malam hari.

Jangan tergoda untuk membaca buku di gadget atau menggerakan jari di ponsel di malam hari. Paparan cahaya biru dari perangkat tersebut membuat lebih sulit untuk tidur dan mengganggu Anda untuk terlelap. Agar lebih mudah beristirahat, cobalah untuk tidak menggunakan ponsel atau perangkat elektronik lainnya setidaknya satu jam sebelum tidur. Kalau perlu simpan gadget Anda di ruangan lain guna menghindari keinginan untuk menggunakannya.

Jadi, jika sulit mengingat nama dan wajah, ada baiknya Anda menggunakan tidur sebagai alat alami untuk mempertajam ingatan. [*]

Sumber: Woman’s World

Foto: Khosrork/Getty Images/iStockphoto


Apakah artikel ini membantu anda?

Kami menggunakan cookie untuk memastikan bahwa kami memberikan pengalaman terbaik untuk Anda.
Jika Anda terus menggunakan situs ini, kami akan menganggap Anda menyukai website ini.